NEWS
DETAILS
Minggu, 31 Jan 2016 20:29 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan  bicara sepeda motor tentu kita jangan lupa dengan perawatannya, salah satu perawatan yang jangan sampai lupa adalah mengganti oli secara berkala, kalau kita sampai lupa bisa berabe nanti urusannya.

Mesin Sepeda Motor terdiri dari part-part yang saling bergesekan, jika gesekan ini terus dibiarkan maka akan terjadi aus, kalau sudah aus maka akan kinerjanya mesin akan terganggu lebih jauh nantinya maka akan semakin banyak kocek yang harus kita keluarkan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Nah untuk mencegah hal tersebut maka diperlukan oli, oli berfungsi untuk meminimalisir gesekan yang terjadi melindungi part-part yang ada juga sebagai media pendinginan pada mesin sepeda motor kita.

Oli pada dasarnya terbagi menjadi 3, yaitu oli Syntetic, Semi Syntetic dan Oli Mineral. Perbedaan ketiga jenis oli ini adalah pada kandungannya.

Oli Syntetic berasal dari campuran bahan kimia dan oli Mineral berasal dari penyulingan minyak bumi sedangkan semi syntetic merupakan gabungan antara oli Syntetic dan Oli Mineral.

Lebih lanjut biasanya oli syntetic lebih cocok digunakan pada motor-motor keluaran terbaru kurang lebih untuk motor yang diproduksi mulai dari 2001 dan karena cadangan minyak bumi di dunia semakin berkurang maka perlahan-lahan oli mineral ini mulai ditinggalkan dengan beberapa pertimbangan mengingat keunggulan dari oli Syntetic yaitu:

  • Lebih stabil pada temperatur tinggi (less volatile)sehingga kadar penguapan rendah
  • Mengontrol/mencegah terjadinya endapan karbon pada mesin
  • Sirkulasi lebih lancar pada waktu start pagi hari/cuaca dingin
  • Melumasi dan melapisi metal lebih baik dan mencegah terjadi gesekan antar logam yangberakibat kerusakan mesin
  • Tahan terhadap perubahan/oksidasi sehingga lebih tahan lama sehingga lebih ekonomis dan efisien
  • Mengurangi terjadinya gesekan, meningkatkan tenaga danmesin lebih dingin
  • Mengandung detergen yang lebih baik untuk membersihkan mesin dari kerak

 

 

Description: D:\Oli Honda.pngOli Honda

So kawan-kawan mengingat pentingnya oli dalam sepeda motor kita, jangan lupa yah mengganti oli secara berkala agar kendaraan kita selalu fit dan bisa kita andalkan kapan saja. (GN)

 

 

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK