NEWS
DETAILS
Jumat, 28 Jul 2017 12:18 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Melalui seleksi yang ketat di ajang AHM Best Student (AHMBS) 2017, terpilihlah Imron dari SMK Negeri 2 Koba, perwakilan main Dealer PT Asia Surya Perkasa Bangka Belitung. Imron dinilai mampu melihat peluang bisnis yang memiliki dampak sosial positif bagi lingkungannya. Diawali dari keprihatinannya atas penebangan pohon untuk media pertanian lada yang berdampak pada perusakan lingkungan, lahirlah usaha Imron dengan brand “Junjung Lada Nano Partikel”.

Usaha ini memiliki dua produk bisnis utama yaitu media tanam lada yang dibuat dari kawat sebagai pengganti kayu dan pupuk dari limbah sawit yang ramah lingkungan. Kompos dari sawit yang berharga lebih ekonomis bagi para petani lada ini juga mampu membantu kekebalan pohon lada dari hama penyakit khususnya penyakit kuning.

Imron juga telah menerapkan semangat sociopreneurship dengan mengajak pengangguran RTMPT (Remaja Tidak Melibatkan Perguruan Tinggi) untuk bekerjasama mengembangkan usahanya. Tak hanya itu, untuk memantapkan bisnisnya, Imron telah menjalankan research and development selama satu tahun. Dengan pencapaiannya ini, AHM memberikan apresiasi bagi Imron sebuah sepeda motor Honda New BeAT eSP dan beasiswa pendidikan.

Runner up 1 diraih oleh A. Meickloni Wahyuzi (SMAN 2 Bengkulu, perwakilan main dealer Astra Motor Bengkulu dengan bisnis makanan bayi kaya gizi “Kelor Finger Food Cookies. Posisi runner up 2 berhasil didapatkan oleh Chandra Ramadhan (SMA Unggulan CT Foundation Medan, perwakilan main dealer PT Indako Trading Coy) dengan bisnis “Burger Jangkrik Jingkrak Medan” dan runner up 3 oleh Eka Yuliastuti (SMAN 1 Sitiung, perwakilan main dealer PT Hayati Pratama Mandiri) dengan bisnis “Aperet, pembeku lateks dari fermentasi air kelapa.”

Sedangkan Fajar Ananda Saputra (SMAN 1 Batu, perwakilan main dealer PT Mitra Pinasthika Mulia) dengan produk permen jelly “Goseanat” dari daun pucuk merah berhasil meraih gelar runner up 4 dan Feri Agung Hermawan (SMAN 1 Way Jepara dengan perwakilan PT Tunas Dwipa Matra) dengan bisnis sistem pengelolaan sampah terpadu “Trash Gold” meraih runner up 5. Para runner up mendapatkan laptop/tablet pendukung kegiatan belajar dan usaha serta beasiswa pendidikan.

Juara favorit pilihan peserta dan perwakilan main dealer diraih oleh I Putu Gede Krisna (SMAN 4 Denpasar, perwakilan main dealer Astra Motor Bali) dengan bisnis pembersih kain tradisional “Dinar Lerak”. Sedangkan juara sosial media diraih oleh Wiranto (SMKN 1 Dompu, perwakilan main dealer Astra Motor Mataram) dengan bisnis “Susu Jagung” dan Marsya Greflin Mariani Kapia (SMA YPPK Taruna Dharma, perwakilan main dealer Astra Motor Papua) dengan bisnis “Keripik Keladi Jayapura”. Juara favorit dan sosial media mendapatkan beasiswa pendidikan.

Tahun ini AHMBS juga memiliki kategori pemenang baru yaitu Juara Business Group Challenge yang diserahkan secara kelompok. Pemenang ditentukan dari keberhasilannya menjawab tantangan bisnis yang diajukan selama penjurian final di Jakarta secara teamwork. Pemenangnya adalah kelompok yang beranggotakan Ade Febriansyah (MAN 1 Kepulauan Meranti, perwakilan main dealer PT Capella Dinamik Nusantara Riau Daratan), Feri Agung Hermawan (SMAN 1 Way Jepara dengan perwakilan PT Tunas Dwipa Matra), Irvan Yama Pradipta (SMAN 3 Unggulan Kayu Agung, perwakilan main dealer Astra Motor Sumatera Selatan), Wiranto (SMKN 1 Dompu, perwakilan main dealer Astra Motor Mataram), I Putu Gede Krisna (SMAN 4 Denpasar, perwakilan main dealer Astra Motor Bali). Pemenang mendapatkan beasiswa pendidikan. Sedangkan, untuk seluruh  peserta yang lain juga mendapatkan beasiswa pendidikan.

AHMBS 2017 turut didukung oleh Yayasan AHM dan anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK