NEWS
DETAILS
Jumat, 14 Jun 2019 14:03 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Saat ini semua sepeda motor Honda sudah dilengkapi mesin berteknologi injeksi. sebelumnya sepeda motor mengaplikasi sistem karburator.

Apa sih perbedaan kedua teknologi tersebut?

Perbedaan yang paling jelas pada kedua teknologi tersebut terletak pada sistem pengabutan bahan bakarnya, tugas karburator dan injektor adalah mencampurkan bahan bakar dengan udara sebelum disemprotkan ke ruang bakar dalam bentuk kabut. 

Jika karburator masih mengandalkan sistem mekanis (buka-tutup skep) maka pada sistem injeksi, injektor menyemprotkan bahan bakarnya menggunakan sistem elektronik.

Lebih lengkapnya pada sistem karburator, bahan bakar dihisap sesuai gerakan buka-tutup skep. Untuk mengatur volume campuran bensin dan udaranya tergantung diameter lubang karburator, pilot & main jet, dan baut setelan angin dan bensin.

Sedangkan pada motor injeksi, semprotan bensin diatur secara elektronik melalui perangkat ECU (Electronic Control Unit). ECU akan bekerja berdasarkan sensor seperti sensor temperatur udara, sensor O2, sensor bukaan gas (throttle), sampai sensor suhu oli mesin.

Karena sudah dikontrol secara elektronik, maka dipastikan jumlah semprotan bahan bakar yang masuk ruang bakar presisi sesuai kebutuhan, sehingga bahan bakar pun lebih efisien dan ramah lingkungan, karena pembakarannya lebih sempurna.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK