NEWS
DETAILS
Jumat, 06 Nov 2020 15:41 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Saat datang ke spbu biasanya kita disajikan dengan daftar bahan bakar berbagai jenis dengan kandungan oktan yang berbeda-beda tentu berpengaruh juga dengan harga yang berbeda pula.

Muncul pertanyaan apa sih bilangan oktan itu???

Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.

Nama oktan berasal dari oktana (C8), karena dari seluruh molekul penyusun bensin, oktana yang memiliki sifat kompresi paling bagus. Oktana dapat dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan, tidak seperti yang terjadi pada heptana, misalnya, yang dapat terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK