NEWS
DETAILS
Senin, 16 Nov 2020 12:49 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Saat berkendara menggunakan sepeda motor, tentunya kita akan banyak menemukan kondisi jalan yang berbeda. Karakteristik jalannya pun dapat berbeda pula tergantung dari daerah, pembangunan infrastruktur dari pemerintah, kualitas aspal, perawatan jalan, hingga cuaca dan alam yang dapat mempengaruhi kondisi jalan. Hal ini, yang harus diperhatikan para riders agar tetap aman dan selamat selama berkendara.

Jenis jalanan di Indonesia juga cukup banyak, mulai dari jalan menikung, jalan lurus, jalan bebatuan , jalan tanah, hingga jalan menanjak dan menurun. Pada artikel kali ini saya memberikan tips yang dapat digunakan saat berkendara di jalan menanjak:

Postur berkendara

Posisi badan sedikit condong ke depan untuk memberikan beban kepada roda depan sehingga potensi roda depan terangkat atau kehilangan cengkraman dengan aspal akan hilang saat menambah kecepatan.

Persneling rendah

Saat menaiki tanjakan kendaraan berada pada posisi melawan gravitasi diakibatkan kemiringan jalan. Untuk itu, gunakan persneling rendah untuk mendapatkan tenaga yang cukup untuk menaiki tanjakan.

Pengereman

Pada saat melewati jalan menanjak sebaiknya gunakan rem belakang saat akan berhenti, untuk mencegah kendaraan bergerak mundur.

Jaga jarak dengan kendaraan di depan

Saat berhenti di jalan menanjak selalu jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu yang cukup bila kendaraan untuk menghindar bila kendaraan di depan bergerak mundur yang diakibatkan control kendaraan yang tidak maksimal atau karena beban yang berlebih.

Hindari menyalip kendaraan di tanjakan

Di jalan menanjak terdapat area blindspot di ujung tanjakan yang mengakibatkan kita tidak bisa melihat kendaraan dari arah berlawanan. Namun, apabila ingin menyalip di tanjakan berikut tipsnya:

– Pastikan lalu lintas di belakang aman.

– Nyalakan lampu sein.

– Posisikan sepeda motor di sebelah kanan.

– Pastikan lalu lintas dari arah berlawanan aman untuk kembali ke jalur kiri setelah menyalip.

– Bunyikan klakson untuk memberikan informasi kepada kendaraan yang ingin disalip.

– Menyalip dari jalur kanan kemudian kembali ke jalur kiri.

Tetap konsentrasi selama berkendara

Saat berkendara di jalan menanjak banyak hembusan angin yang cukup kuat untuk memberikan guncangan saat berkendara. Tetap konsentrasi dan jangan panik saat menghadapi kondisi seperti itu.

Berkendara dari tengah tanjakan

Apabila menghadapi kondisi seperti ini maka berikut ini tipsnya:

– Buka putaran gas dan kopling

– Lepaskan rem belakang saat motor sudah memiliki cukup tenaga untuk maju ke depan

– Tambah putaran gas dan lepas kopling sepenuhnya

Selalu gunakan perlengkapan berkendara untuk meningkatkan keamanan saat berkendara.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK