NEWS
DETAILS
Jumat, 22 Oct 2021 23:09 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Handling motor erat hubungannya dengan komstir. Kondisi komstir yang standar akan membuat pengendalian motor mudah.

Sebaliknya jika komstir bermasalah, maka handling juga terganggu dan sudah pasti mengendalikan motor jadi tidak lancar.

Untuk mengecek komstir motor ini bisa dengan:

1. Dalam kondisi mesin mati, motor posisikan standar tengah. Setelah itu naiki motor hingga roda depan bisa terangkat atau bebas. Gerakkan setang ke kiri dan kanan untuk mengetahui kondisi komstir.
Bila setang mudah digerakkan maka komstir tidak bermasalah atau seret. Sebaliknya bila setang susah digerakkan ke kiri dan kanan maka komstir seeret dan bermasalah.

2. Pengecekan selanjutnya bisa dengan melakukan pengereman depan. Jika tidak muncul bunyi mengganggu artinya komstir baik.

Namun kalau terdengar ada suara muncul, komstir aus atau bermasalah dan perlu ditindaklanjuti dengan diperiksa lebih lanjut untuk meyakinkan sumber masalahnya

3. Ketika dipakai jalan, setang susah dikendalikan. Biasanya ketika setang dibelokkan seperti melawan. Stang juga goyang hingga terasa ke tangan.

4. Muncul suara mengganggu di seputar komstir. Terutama saat melewati jalan tidak mulus atau bergelombang. Perlu diwaspadahi komstir bermasalah.

Apabila kesulitan untuk melakukannya sendiri, silahkan datang ke AHASS terdekat, terlebih menggunakan apps Daya Auto yang #bikingampang ketika servis motor honda kamu.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK