NEWS
DETAILS
Selasa, 02 Nov 2021 05:41 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Sekarang ini, bisa dibilang sangat mudah jika ingin punya motor baru. Banyak perusahaan pembiayaan atau finance yang berani memberikan uang muka alias DP yang rendah, serta beragam macam hadiah.

Tak sedikit pula sobat yang tergiur dan mengambil motor baru, lalu beberapa bulan kemudian menunggak atau tidak mampu membayar. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengkredit motor..

1. Angsuran

Saat ingin mengambil kredit motor, pertimbangkan terlebih dahulu jumlah DP dan angsuran yang harus kalian bayar setiap bulannya. Tak ada salahnya melakukan survei sebelumnya untuk membandingkan perusahaan finance satu dengan yang lainnya. Tapi yang jelas, pastikan angsuran tersebut tidak memberatkan pengeluaran yang lainnya tiap bulan.

2. Perusahaan Finance

Pilih perusahaan finance yang terpercaya. Meskipun proses cukup panjang, yang penting kedepannya aman. Perusahaan yang terpercaya umumnya sudah menyertakan asuransi yang berfungsi untuk melindungi kendaraan sobat, baik dari risiko kecelakaan atau pun pencurian, selama masa cicilan.

3. Persyaratan

Baca teliti persyaratan yang diberikan sebelum mengambil kredit motor. Persyaratan ini umumnya terdiri dari asuransi, jumlah cicilan, denda yang harus dibayar jika terlambat, dan syarat-syarat lainnya, termasuk saat pembayaran sobat tidak berjalan mulus atau kredit macet.

4. Pemilihan Tenor

Umumnya, perusahaan finance akan menawarkan tenor hingga 35 bulan atau sekitar 3 tahun. Semakin lama tenor cicilan, jumlah cicilan yang harus dibayarkan memang kecil. Namun, bunga yang harus dibayarkan juga semakin besar. Untuk itu, pertimbangkan dengan matang pemilihan tenor ini.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK