NEWS
DETAILS
Minggu, 14 Nov 2021 08:24 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Selama ini, masih banyak pengendara motor yang menggunakan fungsi high beam atau lampu jauh (dim) sebagai tanda untuk mendahului kendaraan lain yang berada di depan kita. Tak sedikit juga yang memainkan lampu dim untuk memberi tahu pengendara lain yang lambat sebagai ganti klakson.

Kedua kebiasaan tersebut sering kali dilakukan oleh para pengendara motor. Sebenarnya, apa sih fungsi lampu dim itu? Berikut penjelasannya, bro.

Penggunaan lampu dim atau lampu jauh di jalanan itu ternyata ada aturannya. Fungsi sebenarnya lampu dim adalah sebagai alat bantu pandangan untuk berkendara di malam hari dan dinyalakan di jalanan sepi yang minim penerangan.

Tak hanya itu saja, lampu dim boleh digunakan untuk memperingatkan apabila pergerakan kendaraan di depan cenderung membahayakan, seperti ugal-ugalan di jalan, mengantuk, atau lainnya.

Pengendara yang mengalami gangguan mata (silinder), silau yang dirasa akan lebih intens. Pengendara dengan mata silinder akan terganggu pandangannya jika berhadapan dengan cahaya terang. Pada kasus tertentu, orang yang bermata silinder bahkan bisa tertutup seluruh pandangannya, sehingga menjadi gelap total.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK