NEWS
DETAILS
Sabtu, 23 Jul 2022 13:12 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.. Apa sih, yang membuat skutik atau skuter matik beda dari motor pada umumnya? Transmisinya yang otomatis, footrest atau pijakan kakinya yang lebih luas dan mendatar, serta jarak antara roda depan dan belakang, yang lebih pendek.

nah karena memeiliki karakter yang berbeda dengan sepeda motor jenis bebek atau sport, sangat penting buat mempelajari cara naik skutik yang aman. Termasuk dalam hal akselerasi, pengereman, dan berbelok.

Nah agar kita bisa menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman berikut ini beberapa trik aman naik skutik buat kawan-kawan semua

Pertama, Genggam grip senyaman mungkin, jangan terlalu kencang. Jika belum hendak mengerem, letakkan semua jari pada grip. Pastikan bahu dan siku tetap rileks. Atur posisi duduk yang nyaman, agar kamu bisa dengan mudah berbelok nantinya.

Kedua, Posisikan kaki dengan jari-jari mengarah ke depan. Kedua kaki harus berada dalam pijakan. Tes handlebar dengan membelokkannya ke kiri dan kanan terlebih dulu, untuk menemukan posisi duduk yang pas.

KetigaJarak antara kedua roda skuter yang berukuran besar, biasanya cukup panjang. Untuk skuter jenis ini, kamu tidak bisa berbelok dengan tajam. Pada skuter, pusat gravitasi berada lebih rendah di bagian bawah motor. Sebab, bahan bakar, mesin, dan transmisinya, berpusat di bagian bawah body skuter. Atau lebih tepat lagi, di bawah pengemudi. Oleh karena itu, kamu tidak harus memiringkan motor terlalu banyak jika hendak berbelok.

Ketiga, Sebelum mengajak orang lain untuk dibonceng, ada baiknya kamu memberikan petunjuk-petujuk ini. Pertama, minta boncenger melingkarkan tangannya pada pinggangmu, dan mengunci jemari dari kedua tangannya di depan perutmu. Ini bukan perkara mesra-mesraan. Ini demi keamaan. Kedua, penumpang tidak boleh duduk terlalu jauh dari kamu. Ketika, kedua lutut penumpang sebaiknya sedikit menjepit pinggulmu. Keempat, seperti kakimu, kaki penumpang harus menapak pada footrest, dan mengarah ke depan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK