NEWS
DETAILS
Selasa, 25 Oct 2022 10:18 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Belakangan ini banyak pemilik kendaraan bermotor memasang lever guard yang tentunya sudah tidak susah dijumpai barangnya di bengkel-bengkel aksesoris maupun di market place.

Pernahkah kita bertanya-tanya mengapa di ajang balapan seperti misalnya MotoGP, Lever Guard ini hanya berada di sebelah kanan stang pembalap???

Dalam ajang balap motor seperti MotoGP, pengaplikasian lever guard diterapkan setelah insiden MotoGP Catalunya tahun 2006. kemudian pemasangan lever Guard diwajibkan di musim 2011 dengan tujuan pemasangan perangkat lever guard yang terpasang pada bagian kanan setang kemudi difungsikan untuk melindungi tuas rem dari resiko tekanan saat bersenggolan atau crash. 

Tanpa adanya lever guard motor bisa berhenti mendadak saat bersenggolan dengan pembalap lain terutama ketika balapan baru dimulai atau ketika memasuki tikungan pertama yang ke arah kanan dimana para pembalap berlomba untuk menjadi pembalap tercepat keluar dari tikungan tersebut.

Lalu mengapa di bagian kiri tidak dipasang lever guard juga??? Hal ini disebabkan karena sisi kiri tuas kopling tidak terlalu berbahaya saat tertekan ketika bersenggolan. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK