NEWS
DETAILS
Rabu, 08 Feb 2023 14:09 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Ketika melewati jalanan yang berbelok, kadang kita selalu menganggapnya mudah, namun ternyata terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan karena jika salah tentu resikonya akan sangat besar yaitu kecelakaan.

Nah berikut ini merupakan cara ketika melewati tikungan agar kawan-kawan dan motor kesayangan tetap baik-baik saja.

Sebelum berbelok, kurangilah kecepatan motormu. Berapa kecepatan maksimal di tikungan? Tergantung dari lebar dan kondisi permukaan jalan. Di tikungan dengan penerangan jalan yang kurang, kamu tentu akan kesulitan melihat rintangan yang ada di depan.Dalam kondisi semacam ini, ngerem mendadak waktu kamu udah keburu belok di tikungan, bisa meningkatkan risiko terjatuh. Jadi, pastikan untuk selalu mengurangi kecepatan motor sebelum belok di tikungan. Sebenernya, rumus ini juga berlaku kalau kamu mau belok di perempatan.

Saat mulai berbelok, posisikan tubuh mengikuti arah belokan. Lalu, condongkan motor ke arah belokan. Kita tidak perlu beraksi layaknya pembalap profesional di dalam sirkuit. Ingat kita sedang di jalan raya, miringkan motor sewajarnya saja. kemudian lemparkan pandangan ke titik akhir tikungan.

Ketika berada di area tikungan tetap jaga pandangan ke arah titik akhir tikungan. Waspadai adanya rintangan atau perubahan kondisi jalan. Hindari melakukan pengereman mendadak, atau akselerasi tiba-tiba. Pastikan kamu tidak mengambil jalur kendaraan dari arah berlawanan.

Waktu mulai melihat jalanan yang lurus (tidak lagi menikung), kamu segera bisa mengembalikan posisi motor tegak seperti semula. Lakukanlah dengan hati-hati hingga akhirnya posisi motor tegak seperti semula.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK