NEWS
DETAILS
Senin, 03 Jul 2023 16:19 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan kawan semua Dalam berkendara, mungkin beberapa dari Anda sering membiarkan tangki bahan bakar kosong atau hampir habis sebelum dilakukan pengisian di SPBU, atau bahkan mungkin ada yang sampai menunggu hingga mesin kendaraan mati mendadak karena bahan bakar habis. Kondisi seperti ini apabila terjadi berulang-ulang akan dapat berdampak buruk pada performa kendaraan bermotor Anda.

Tangki bahan bakar merupakan suatu wadah penyimpanan atau reservoir yang berfungsi untuk menyimpan bahan bakar. Biasanya tangki bahan bakar terletak di bawah kendaraan. Pada umumnya tangki bahan bakar terdiri dari 2 jenis, yaitu plastik dan besi. Tangki dengan bahan plastik memiliki keunggulan, yaitu ringan dan tidak menimbulkan karat. Sedangkan tangki dari besi memiliki keunggulan, yaitu kuat dan tidak mudah rusak. Tangki bahan bakar pada setiap kendaraan memiliki kapasitas yang berbeda-beda tergantung jenis dan kapasitas mesin.

Apabila tangki bahan bakar sering dikondisikan kosong karena mungkin Anda terbiasa menunggu hingga tangki kosong baru dilakukan pengisian bahan bakar, maka hal ini bisa berakibat fatal. Berikut ini adalah beberapa dampak yang ditimbulkan apabila sering membiarkan tangki bahan bakar kosong.

  • Karat dan Korosi pada Tangki
    Ketika tangki dalam kondisi hampir habis, ruang kosong pada tangki akan terisi oleh uap air yang dihasilkan dari penguapan bensin. Karena sebagian tangki terbuat dari besi, maka uap air yang bereaksi dengan udara serta logam yang berada di dalam tangki akan dapat menyebabkan timbulnya karat dan korosi pada permukaan bagian dalam tangki bahan bakar. Korosi ini terbentuk akibat terjadinya proses oksidasi di dalam tangki bahan bakar. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka tangki bisa keropos atau bahkan bocor.


 

  • Pompa Bahan Bakar Tersumbat
    Pompa merupakan komponen penting yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju ke injector di mesin dengan tekanan yang tinggi. Kotoran yang disebabkan karena karat pada tangki bahan bakar beresiko untuk terhisap dan masuk ke sistem pompa bensin pada kendaraan Anda. Hal ini akan menyebabkan kegagalan fungsi dari sistem pompa bahan bakar kendaraan bermotor Anda.


 

  • Injector Tersumbat
    Injector pada sistem kendaraan berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar pada ruang bakar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mesin. Banyak atau sedikitnya bahan bakar yang diinjeksikan ditentukan oleh ECU. Ada kalanya injector kendaraan bisa tersumbat karena adanya zat asing yang terbawa oleh bahan bakar. Zat asing ini bisa terbentuk akibat korosi yang terjadi pada lapisan tangki bahan bakar.


 

  • Performa Mesin Menurun
    Bahan bakar yang tersimpan di tangki akan bercampur dengan kotoran ataupun karat yang dapat menyebabkan penurunan kualitas bahan bakar. Hal ini berdampak pada proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar menjadi tidak optimal. Kinerja mesin akan menurun atau bahkan buruk akibat bahan bakar yang kotor.

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi maka selalu pastikan bahwa tangki bahan bakar tidak pernah kosong. Selalu isi bahan bakar apabila level bahan bakar di tangki sudah menurun hingga setengah kapasitasnya

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK