NEWS
DETAILS
Senin, 14 Aug 2023 16:16 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Saat ini pemerintah tengah mulai memberlakukan plat nomor putih. Lalu apa arti dari plat nomor yang berganti menjadi putih tersebut? Tentunya kawan-kawan sudah tidak asing dengan beberapa warna dari plat nomor. Namun belum tentu semua orang tahu plat putih artinya dan maksud dari pemberian warna pada plat. 

Adanya perubahan plat nomor kendaraan bermotor yang sudah mulai diberlakukan di Indonesia ini bertujuan untuk memudahkan para polisi lalu lintas untuk mengidentifikasi nomor plat motor pengendara.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia telah menerapkan tilang berbasis elektronik. Namun menurut polisi lalu lintas, mereka masih terkendala dalam hal identifikasi plat nomor dari pengendara. Plat nomor dengan dasar hitam akan sangat sulit tertangkap kamera dan menghasilkan rekaman yang kurang akurat. Seperti halnya angka 5 yang sering terbaca menjadi S. Tentunya hal tersebut akan sulit bagi polisi lalu lintas untuk mengidentifikasi nomor dari plat kendaraan bermotor.

Dengan adanya pemberlakuan plat nomor menjadi warna putih dan teks berwarna hitam ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan dalam mengidentifikasi data dari plat nomor kendaraan. Hal tersebut karena plat nomor berwarna putih akan lebih mudah tertangkap kamera e-TLE dalam melakukan penilangan secara elektronik

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK