NEWS
DETAILS
Jumat, 28 Oct 2022 11:20 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Helm adalah perlengkapan wajib saat mengendarai sepeda motor untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan.

Pada dasarnya helm punya dua fungsi utama keamanan. Yang paling dasar adalah melindungi kepala dari benturan langsung. Fungsi utama lainnya adalah meredam dan menyerap energi kejut saat terjadi benturan keras.

Untuk mendukung kenyamanan dan keamanan penggunanya, terdapat beberapa komponen dan fitur lain, seperti :

Comfort Liner (Busa Helm)

Keberadaannya lebih diperuntukkan untuk kenyamanan penggunanya. Tebal atau tipisnya busa juga memengaruhi kenyamanan. Karena itu helm tersedia dalam beberapa ukuran yang disesuaikan dengan bentuk dan lingkar kepala manusia.

Airflow Vents (Ventilasi)

Fitur ini dibuat untuk untuk menjaga sirkulasi udara agar bagian dalam helm tetap terasa sejuk dan nyaman saat digunakan. Biasanya terletak di bagian depan dagu, atas kepala, belakang kepala

Chin Bar

Dengan chin bar atau pelindung dagu, helm full face jadi lebih sempurna dalam memberikan perlindungan.

Rentention System (Tali Helm)

Tali helm berfungsi agar helm tak mudah terlepas dari kepala apabila menerima benturan. Bagian ini biasanya terbuat dari bahan nilon dan dipasangkan dengan berbagai jenis sistem penahan seperti quick release, micro-lock dan double D rings.

Visor atau Kaca Helm

Bagian ini berguna untuk melindungi wajah dan mata dari terpaan angin saat berkendara. Dari semua bagian helm, visor adalah bagian yang paling membutuhkan perhatian dan perlakuan khusus untuk menjaga kejernihannya demi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Visor yang jernih akan membantu pandangan jadi lebih sempurna. Dengan demikian, konsentrasi berkendara tak akan terganggu karena kotoran dan minyak yang menempel di visor atau kondisi visor yang buruk.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK