NEWS
DETAILS
Selasa, 03 Jul 2018 09:31 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... setelah kita bahs mengenai jenis-jenis dari ban sebelumnya, kini sekarang kita lanjut untuk mengenal struktur dan bagian-bagian dari ban itu sendiri yang ternyata tidak hanya sebatas karet berwarna hitam saja, tiap bagian ada namanya dan tentu saja ada fungsinya juga. 

  • Telapak ban (tread)

Yang dimaksudkan dengan telapak ban disini adalah bagian ban yang paling tebal terletak paling luar yang bersentuhan langsung pada permukaan jalan. Telapak ban dikatakan dibuat dari karet yang tahan terhadap kejutan atau tekanan. Ini memiliki fungsi sebagai pelindung ban terhadap benturan serta tusukan benda tajam yang dapat merusak ban. Untuk mencegah selip, ada berbagai macam bentuk pembuatan ban pada bagian luar permukaan ban.

  • Carcass

Ini adalah rangka ban bagian luar. Dikatakan ini memiliki kemampuan yang tahan dari tekanan dari adanya beban yang berlebih. Dikatakan lagi, carcass terbuat dari lapisan sutera dan nilon serta balutan karet yang tahan terhadap panas.

  • Breaker

Ini merupakan karet dengan tekstur lembut yang ada pada bagian dalam tread. Ini juga merupakan lapisan benang yang letaknya antara tread dan casing. Fungsi dari breaker adalah meredam benturan dengan tujuan agar tak diserap oleh casing.

  • Bead

Ini merupakan bagian yang terpasang pada rim pelek. Beat dikatakan dipasangkan pada bundelan kawat yang sangat kuat dan dilapisi dengan karet.

  • Sidewall

Yang dimaksudkan dengan sidewall disini adalah bagian samping ban yang ditutupi oleh lapisan karet serta melindungi carcass dari adanya kerusakan yang berasal dari luar. Selama ban digunakan, sidewall akan memikul bebannya.

  • Ban dalam (tube)

Ban bagian dalam ini dikatakan terbuat dari karet yang mampu menyimpan udara tanpa adanya kebocoran, sangat elastis dan juga tahan terhadap panas.

  • Katup udara

Ini merupakan suatu lubang yang berguna sebagai pemasok udara kedalam ban dalam. Katub udara yang memiliki pentil sehingga udara tidak mungkin untuk keluar.

  • Casing

Struktur ban yang terakhir adalah Casing yang dianggap sebagai pembantuk ban. Ini juga bisa disebut sebagai rangka ban yang dapat menampung udara dengan menyangga ban.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK