NEWS
DETAILS
Selasa, 31 Jul 2018 12:16 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Lampu merupakan salah satu kelengkapan sepeda motor yang harus ada pada sebuah sepeda motor. Bukan hanya sebagai kelengkapan agar kita terhindar dari tilang, lampu juga bisa meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan.

Nah, seiring berkembangnya jaman, lampu udah nggak lagi hanya sekadar bohlam aja, banyak juga berbagai tipe lampu yang beredar di pasaran. Dengan berbagai warna cahaya, sampai yang paling irit konsumsi listrik. Tujuannya ya itu tadi, supaya pengelihatan kita saat malam hari jadi makin jelas.

Namun ternyata, perkara lampu lebih rumit dari itu. Nggak percaya?

Makin Terang, Makin Boros

Sudah barang tentu kalau konsumsi yang besar, bakal menvhasilkan yang besar pula. Lampu juga seperti itu, yang punya konsumsi 65 watt punya cahaya lebih terang dari 35 watt.

Lampu Punya Umur

Layaknya bagian dari sepeda motor yang lain, lampu juga punya masa aktif. Kalau yang dari bawaan pabrik, biasanya punya umur sekitar 2 tahun. Itu tergantung dari pemakaian, kalau di Indonesia, sudah tentu usianya makin pendek, lantaran selama motor nyala, lampu juga nyala.

 

Lampu Bikin Meleleh Reflektor

Siapa yang nggak tau, lampu itu memijarkan cahaya yang berasal dari pembakaran elemen besi. Makin terang cahaya yang dihasilkan , maka makin panas juga. Nggak jarang hal ini bikin reflektor meleleh. Apalagi kalau memakai lampu yang nggak sesuai dengan standar bawaan pabrik.

Beda Warna, Beda Peruntukkan

Pasti pernah lihat kan, ada motor yang cahaya lampunya kuning, putih, putih kekuningan, atau malah biru. Yap, semua itu ada peruntukkannya. Contohnya kuning, untuk memecah kabut, putih dan biru buat penerangan maksimal. Tapi, kalo sepeda motor, udah paling bener pakai yang putih, atau putih kekuningan. Ini buat mengakomodir segala lintasan, kalau kabut masih kelihatan, kalau penerangan biasa juga masih cukup.

Lampu Bermacam Tipe

Yap, sekarang ini, nggak cuma bohlam model bulb aja yang ada di lampu, Halogen, High Intensity Discharge atau yang biasa disebut HID, dan Light Emitted Diode (LED) juga jadi pilihan bagi bikers untuk menemani berkendara di malam hari. Tentunya, beda tipe lampu juga punya keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Plus Minus Lampu

Lampu bawaan pabrik emang udah cukup menerangi jalanan, namun Halogen punya cahaya lebih terang. Jeleknya, Halogen boros pemakaian listrik. Penyempurnaannya, ada HID yang punya cahaya terang dan cahayanya fokus, udah gitu HID nggak bikin aki tekor, lantaran sudah termasuk ballast, tapi punya harga mahal, dan tetap bikin panas. Makanya ada LED, yang punya sinar setara HID, namun irit konsumsi listrik. LED nggak begitu panas, namun cahayanya nggak terlalu fokus seperti HID.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK