NEWS
DETAILS
Kamis, 27 Sep 2018 21:47 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Ganti oli untuk sepeda motor kita itu wajib hukumnya . Sebab jika oli dibiarkan tan[pa diganti kondisinya akan semakin kotor dan kalau sudah kotor fungsi-fungsi oli yang ada akan berkurang dan membuat motor kita cepat rusak.

Normalnya, oli sepeda motor harus diganti setelah motor menempuh jarak 2.500-3.000 km. Lalu, bagaimana jika sepeda motor kita jarang digunakan?

Apakah catatan waktu pergantian oli atau oil refreshment ini harus tetap dilakukan sesuai dengan buku panduan, yakni setelah menempuh jarak 2.500-3.000?

Ganti oli wajib dilakukan secara rutin, meskipun motor jarang digunakan atau belum menempuh jarak minimal, 2500 km. Alasannya, setelah masuk ke dalam mesin, oli akan tercampur dengan komponen mesin, dan bisa jadi diantaranya adalah kerak, bubuk gram, dan lainnya.

Hanya saja, jika motor yang biasa digunakan waktu pergantian olinya ditentukan oleh jarak tempuh. Maka motor yang jarang digunakan, oli masih wajib diganti sesuai dengan waktu simpan motor tersebut, yakni dikisaran 2 s.d 6 bulan.

Selama motor tak pernah dipakai, Kawan-kawan juga harus tetap memanaskan mesinnya agar olinya bisa bersirkulasi dan tidak mengendap. Jika tidak, maka akan lebih mudah rusak daripada motor yang sering dipakai.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK