NEWS
DETAILS
Sabtu, 29 Sep 2018 08:52 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Helm merupakan piranti keselamatan yang wajib digunakan ketika kita menggunakan sepeda motor, selain bentuk ukuran helm wajib menjadi perhatian kawan-kawan. Meskipun terlihat masih bagus dan mulus ternyata helm memiliki masa pakai yaitu dikisaran 5 tahun setelah dibeli dan dipakai.

Kenapa helm ada umurnya? Sebab, pada umumnya helm menggunakan busa sterefoam sebagai peredam benturan jika terjadi kecelakaan. Seiring berjalannya waktu, sifat menahan benturan pada busa sterefoam akan berkurang.

Lama kelamaan, fungsinya sebagai penyerap benturan akan tidak optimal, selain itu, pastinya jika helm sudah lama tidak diganti akan ada bau-bau yang tak sedap atau malah jadi sempit. Ditambah, teknologi helm makin lama makin berkembang. Mulai dari fitur anti maling sampai double visor dan desain yang semakin menarik

Kalau mau ganti helm, juga nggak boleh sembarangan ya kawan-kawan. Pertama, harus sesuaikan ukuran helm, jangan terlalu longgar atau terlalu sempit.

Dalam hal keamanan, memakai ukuran yang pas adalah hal yang penting. Sebab, jika ukuran helm kebesaran kemungkinan terlepas saat terjatuh pun semakin besar karena longgar. Sebaliknya, jika kekecilan juga sama berbahayanya karena bisa menghalangi peredaran darah yang bisa membuat kita pusing.

Pilih helm yang ketika dipakai bagian bantalan pipi helm menyentuh pipi dan tidak ada ruang diantaranya. Kencangkan tali pengikat helm dan tarik helm ke kanan dan kiri. jika pipi bergerak mengikuti arah tarikan helm berarti sudah pas.

Selain itu, bagian depan helm juta tidak menyentuh mulut atau hidung. Jika menggunakan kacamata, pastikan kacamata tersebut muat ketika visor helm diturunkan.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK