NEWS
DETAILS
Jumat, 09 Nov 2018 06:56 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Kalau kita menggunakan sepeda motor setiap hari pasti lama kelamaan beberapa bagian akan mengalami keausan sehingga akhirnya mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan sepeda motor. Salah satu masalah yang biasa timbul adalah setang terasa goyang dan tidak stabil.

Mengendarai sepeda motor dengan setang tidak stabil atau terasa goyang hal itu justru lebih beresiko, dan membahayakan keselamatan pengendaranya.

Karena itu jika mengalami masalah pada setang yang kurang nyaman saat digunakan, ada baiknya melakukan berbagai pemeriksaaan karena penyebab setang tidak stabil ditenggarai karena banyak faktor, di antaranya karena kita sering melibas jalanan berlubang atau mungkin sepeda motor kita pernah terjatuh.

Berikut ini ada enam yang harus diperiksa ketika setang motor tidak stabil atau terasa goyang

 

1. Periksa Kondisi Ban

Untuk yang paling mudah coba periksa kondisi ban motor apakah sisi-sisi permukaan ban rata atau tidak, lalu periksa tekanan angin apakah sesuai dengan ukuran.

Selain itu, periksa tambalan ban karena tambalan ban yang kurang baik dapat menimbulkan benjolan. Segera ganti apabila menemukan ban yang sudah menimbulkan benjolan karena dapat membahayakan pada saat dikendarai.

2. Periksa Kondisi Pelek

Periksa pelek roda apakah ada bagian yang bengkok dan retak. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara menggunakan standar dua, kemudian putar ban dan lihat gerakan roda.

Jika ada bagian yang goyang berarti pelek ada yang bengkok. Dan untuk yang retak lebih baik segerakan ganti dengan pelek yang baru.

3. Periksa Bearing Roda

Bearing roda terdapat di tengah roda dan berhubungan langsung dengan roda. Periksa bearingroda apakah ada bantalan peluru yang pecah. Bila rusak atau oblak harus segera diganti.

Untuk memeriksanya caranya adalah dengan menggoyang roda ke kiri dan ke kanan. Apabila terasa oblak berarti bearing roda memang harus diganti.

4. Periksa Komstir

Komstir terdapat di sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Komstir ini berfungsi memegang peranan dalam pengendalian. Usia pemakaian yang sudah lama akan berakibat komstir terasa oblak, susah digerakkan, terasa kasar dan belok kurang.

Kerusakan komstir ini biasanya adalah mangkuk-mangkuk dan bola-bola besi yang telah aus. Sebaiknya diganti dan usahakan membeli sparepart yang baru karena ini sangat penting dan bisa bertahan lama.

5. Periksa Shockbreaker

Fungsi penting shockbreaker diantaranya adalah menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang untuk membuat berkendara semakin nyaman dan nikmat.

Shockbreaker juga berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram roda terhadap jalan. Tabrakan dan bekas jatuh biasanya menghampiri rusaknya shockbreaker ini sehingga posisi shock tidak presisi atau lurus.

Penyebab lainnya yaitu akibat tidak solid atau rapat-nya karet bantal shockbreaker. Bawa ke bengkel terdekat untuk diperiksa lebih jelas terkait kerusakan shockbreaker

6. Periksa Segitiga Dudukan Setang

 

Periksa segitiga dudukan setang motor yang menghubungkan antara setang dengan shockbreaker. Biasanya sering terjadi ketidaksejajaran antara garpu kiri dan kanan.

Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan cara meluruskan pada tempat yang rata atau datar dengan mengukur menggunakan fuller. Apabila ditemukan ketidaksejajaran sebaiknya bawa segitiga tersebut ke tukang press untuk diperbaiki.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK