NEWS
DETAILS
Minggu, 13 Jan 2019 10:03 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang kini jumlahnya sangat banyak di tanah air. Sepeda motor banyak dipilih karena bisa dibawa selap selip sehingga di jalanan yang padat Sepeda Motor masih tetap bisa melaju serta dengan menggunakan sepeda motor kita bisa mengatur kapan harus istirahat.

Tentu kita tidak mau jika kendaraan yang sudah kita beli dengan susah payah, baru kita gunakan tiba-tiba langsung rusak karena perjalanan jauh.

Nah berikut ini beberapa tips dasar apabila sepeda motor baru akan digunakan untuk perjalanan jauh tidak hanya untuk sepeda motor jenis matik tetapi untuk semua jenis sepeda motor secara umum.

  1. Sebelum melakukan perjalanan jauh, usahakan kendaraan sudah menempuh 500 km pertama, kemudian lakukan penggantian pelumas, hal ini dimaksudkan agar hasil kikisan logam yang terjadi akibat proses pengepasan part-part di dalam mesin seperti antara pinton dan silinder comp (meskipun saat ini kedua permukaan ini sudah dibuat sehalus mungkin) dapat terbuang bersama oli.
  2. Ketika melakukan perjalanan kecepatan yang wajar, jangan terlalu membawa kendaraan dengan kecepatan yang sangat tinggi, ibarat bayi, silakan cukup berjalan cepat saja dulu jangan berlari, bagaimanapun ini kendaraan baru sehingga di dalam mesin sedang ada penyesuaian-penyesuaian.
  3. Jangan membawa beban yang berlebihan, membawa beban yang berlebihan akan sangat mengganggu selama perjalanan, bawa barang saja secukupnya.
  4. Periksa tekanan angin, jangan terlalu keras atau kurang angin karena hal ini akan mempengaruhi laju selama perjalanan.

Selain hal tersebut yang perlu diperhatikan adalah kondisi pengendara juga biasanya untuk istirahat setalah 2-3 jam perjalanan untuk mencegah efek kelelahan akibat perjalanan jauh.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK