NEWS
DETAILS
Rabu, 08 Apr 2020 21:13 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Menikung menggunakan sepeda motor ternyata tak bisa sembarangan dilakukan, apalagi saat kecepatan cukup tinggi dan jalan dalam kondisi basah. Jika salah, bisa-bisa terperosok jatuh cium aspal.

Tak dipungkiri juga, kalau sepeda motor masih menjadi penyumbang terbesar keselakaan. nah berikut ini ada beberapa tips untuk kawan-kawan agar selamat melalui tikungan.

  • Ketika akan menikung, apabila motor dalam kecepatan di 40 kpj, posisi aman untuk melakukan pengereman setidaknya pada jarak 10 meter sebelum masuk tikungan
  • Bagi yang menggunakan motor sport jangan kebiasaan tarik kopling, langsung saja menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dan mengendurkan gas. Setelah motor ada di tikungkan, baru tarik kopling untuk pindah gigi dan kemudian atur posisi gas Untuk Skuter matik, hanya tinggal rem dan turunkan kecepatan. Sedangkan motor bebek mekanismenya hampir sama dengan motor sport, rem sebelum masuk tikungan habis itu pindah gigi kemudian tarik gas lagi sambil menegakkan motor keluar tikungan.
  • Kemudian jangan lakukan engine brake saat mau menikung, karena itu tindakan berbahaya.
  • kemiringan badan saat menikung antara motor dan orang itu harus sama, motornya ke kiri orangnya ke kiri begitu juga sebaliknya.
  • ketika menikung harus waspada melihat sekeliling dan setelah itu pandangan harus menatap pada titik yang akan dituju.
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK