NEWS
DETAILS
Rabu, 22 Apr 2020 19:57 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Saat ini cuaca memang sulit di tebak ya, ketika hujan tak kunjung berhenti di beberapa daerah yang sering banjir pastinya akan merasa was-was ketika dalam perjalanan pulang atau pergi dengan menggunakan kendaraan.

Untuk sepeda motor kamu jika sudah terlanjur teredam banjir, tenang jangan dulu panik, ini ada beberapa tips pertolongan pertama untuk merawat motor yang terendam banjir. 

  1. Jangan menyalakan mesin begitu terendam banjir, dikarnakan kotoran atau endapan lumpur bias masuk ke mesin dan bias membuat keausan komponen dalam ruang mesin
  2. Cek kondisi busi. Kering kan busi lalu ampelas halus untuk membersihkan ujung elektroda atau kepala busi agar bias digunakan kembali
  3. Cek karburator, pastikan tidak menyimpan air dalam karburator (untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator)
  4. Cek CVT (Khusus Matik). Pastikan komponen di balik bak CVT tidak kemasukan air
  5. Cek kelistrikan. Mimin sarankan untuk membuka semua komponen kelistrikan seperti saklar, konektor kabel, spul, starter motor, sampai fitting bohlam agar tidak berpotensi korosi yang bisa menyebabkan korsleting.
  6. Cek oli mesin. Pastikan oli di dalam mesin tidak tercampur air dengan menguras oli mesin dan mengganti filter oli.
  7. Cek filter udara. Pastikan di dalam kotak saringan udara tidak terdapat air.
  8. Cek sistem rem. Saat motor brosis terendam banjir cukup dalam, rem belakang sering mengunci sendiri, biasanya penyebabnya akibat permukaan kampas rem yang basah atau lembab.
  9. Lakukan pemeriksaan komponen motor yang rawan karat, antara lain rantai, sasis, serta beberapa komponen motor pada bagian bawah
  10. Jika kawan-kawan sudah lakukan semua hal di atas kemudian dirasa kurang baik. Baik nya bawa sepeda motor brosis ke AHASS terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih dalam.
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK