NEWS
DETAILS
Jumat, 15 Oct 2021 19:32 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Berkendara di saat hujan turun tentu akan membuat kita menjadi lebih waspada. Pasalnya, air yang membasahi jalan juga akan membuat jalanan menjadi licin. Saat berkendara pun juga kita tidak akan sekencang dibanding saat jalanan kering.

Selain itu, yang perlu diperhatikan lainnya adalah teknik pengereman. Tak sedikit yang masih asal-asalan saat mengerem ketika musim hujan.

Masa yang paling bahaya di jalan raya saat hujan turun adalah 5 menit pertama. Pasalnya, banyak pengendara motor yang ingin buru-buru mencari tempat untuk meneduh, baik untuk memakai jas hujan atau menunggu hujan reda. Selain itu, di 5 menit pertama ini cairan debu, air, serta oli juga belum bercampur sempurna di jalan.

Teknik pengereman yang benar adalah lembut dan halus. Perhatikan kondisi jalan yang licin, sehingga mempengaruhi keseimbangan motor yang berkurang. Teknik mengerem yang aman adalah menarik kedua tuas rem depan dan belakang bersamaan. Hal ini dilakukan agar motor lebih stabil.

Jika pengereman dilakukan secara mendadak dan keras, resiko ban akan selip atau tergelincir semakin besar. Untuk itu, jaga pengereman agar jangan sampai mengunci. Kurangi juga kecepatan, apalagi saat membawa penumpang.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK