NEWS
DETAILS
Sabtu, 16 Oct 2021 19:33 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Pada sebuah motor, fungsi bearing cukup penting. Salah satunya adalah pada sistem rotasi roda motor. Bearing pada roda motor terkadang kurang diperhatikan kondisinya, termasuk juga dengan cara merawatnya.

Jika bearing rusak, tentu akan membuat ritual berkendara jadi tidak nyaman. Maka itu, bearing pada roda motor juga harus selalu dicek kondisinya. Ada beberapa cara mengecek kondisi bearing roda yang sudah mulai rusak.

Umumnya, seorang pengendara juga memiliki feeling yang kuat terhadap motor yang dikendarainya. Jika biasa membawa motor tanpa masalah, ketika ada yang rusak pasti akan peka.

Selain menggunakan feeling, ada cara lain yang bisa sobat lakukan untuk mengecek kondisi bearing yang sudah tidak layak pakai.

Sobat bisa posisikan motor pada standar dua atau standar tengah, kemudian digoyang-goyangkan bannya. Jika terasa oblak, berarti bearing mulai rusak.

Bearing roda yang sudah mulai rusak akan berbahaya jika dibiarkan. Pasalnya, kerusakan ini bisa merembet hingga ke bagian tromol.

Kerusakan bearing biasanya terjadi karena usia pakainya yang sudah lama. Namun, bisa juga karena pemakaian, seperti sering menghajar lubang yang cukup besar di jalan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK