NEWS
DETAILS
Minggu, 17 Oct 2021 19:37 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.. Saat musim liburan tiba, kadang kita ingin liburan panjang ke tempat yang jauh menggunakan kereta atau pesawat. Motor kesayangan pun terpaksa harus ditinggalkan dalam waktu yang lama. Sebelum jauh-jauh dari motor kesayangan, sebaiknya sobat lakukan pengecekan dulu terhadap 7 hal berikut!

1. Kebersihan Motor

Sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama, sebaiknya cuci dulu hingga bersih. Lalu, keringkan hingga benar-benar kering. Selain kotoran, air yang mengendap juga dapat menyebabkan korosi. Sebaiknya, tutupi motor dengan kain agar tidak berdebu.

2. Tangki Bensin

Usahakan untuk meninggalkan motor dalam keadaan tangki bensin yang benar-benar penuh atau sama sekali kosong. Jika menyisakan ruang yang cukup kosong pada tangki bensin, bensin akan menguap dan menimbulkan korosi apabila mesin jarang dihidupkan.

3. Aki Motor

Jika motor ditinggal dalam waktu lama dan tidak dihidupkan, sebaiknya cabut aki motor. Jika tidak dicabut, aki akan terus mengalirkan listriknya, sementara mesin tidak dihidupkan dan pengisian aki tidak terjadi. Akibatnya, aki pun menjadi soak.

4. Tempat Penyimpanan

Pilih tempat yang baik untuk menyimpan motor. Sebaiknya di dalam ruangan, tapi bukan ruangan yang lembab. Hal ini dimaksudkan agar motor tidak terkena cahaya matahari langsung atau terkena hujan. Jika memang harus meletakkannya di luar, tutupi motor dengan kain terpal.

5. Standar Tengah

Ban motor yang menempel dengan ubin atau lantai lama kelamaan angin di dalamnya akan menyusut. Gunakan standar tengah dan ganjal ban depan agar ban tidak menyentuh langsung dengan lantai.

6. Oli Mesin

Meskipun tidak akan digunakan dalam waktu lama, sebaiknya oli mesin tetap diganti. Tujuannya adalah agar motor lebih mudah dihidupkan saat akan digunakan kembali.

7. Kick Starter

Gunakan kick starter ketika ingin menghidupkan motor kembali setelah tidak dipakai dalam waktu lama. Namun, jangan langsung dihidupkan. Tendang kick starter sebanyak tiga kali, agar oli yang mengendap bisa berfungsi kembali. Setelah itu, baru hidupkan mesin.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK