NEWS
DETAILS
Rabu, 20 Oct 2021 20:01 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Kebiasaan yang dilakukan oleh para pemilik kendaraan bermotor saat melakukan penggantian ban adalah dengan melihat kondisi fisik ban.  Biasanya ini dilakukan terutama saat ban sudah terlihat gundul.  Namun tahukan sobat bahwa sejatinya pada ban itu sendiri sudah ada tanda yang berfungsi sebagai indikator kelayakan ban dan kapan saatnya ban tersebut harus diganti.

Yup, tanda tersebut adalah Tire Wire Indicator (TWI). Indikator ini diitunjukkan oleh segitiga kecil ini terletak pada dinding ban kanan dan kiri (gbr.1). Nah segitiga kecil ini menunjuk posisi pada tapak ban. Segaris dengan segitiga tersebut terdapat tonjolan kecil (gbr.2). Nah inilah  yang disebut sebagai Tire Wire Indicator.

Masih layak dan tidaknya ban tersebut untuk digunakan akan ditunjukkan oleh kondisi TWI. Apabila TWI masih terlihat menonjol, maka ban masih layak digunakan. Tetapi apabila kondisi ketebalan TWI sudah sejajar dengan tapak ban, maka itu artinya ban sudah mulai habis alias gundul. Sehingga sudah saatnya dilakukan penggantian.

Tetapi harus dicermati juga, kondisi tapak ban keseluruhan, meskipun pada titik TWI kondisi TWI masih tebal sementara kondisi ban habis tidak merata alias peyang-peyang, tentu saja tak usah tunggu sampai TWI tipis. Segera saja lakukan penggantian ban. Pasalnya selain ban sudah tak mampu mencengkeram aspal dengan sempurna, kenyamanan berkendara jadi terganggu karena perputaran roda tidak rata.

Apabila kamu masih bingung mengenai TWI ini, silahkan datang ke bengkel Ahass terdekat di kota kamu, dan jangan lupa untuk men-download aplikasi daya auto di google play, untuk memudahkan kamu dalam booking service.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK