NEWS
DETAILS
Jumat, 05 Nov 2021 07:35 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Pada motor matic, terdapat dua jenis pelumas atau oli, yakni oli mesin dan oli transmisi/gardan. Masing-masing oli tersebut berbeda penempatan serta fungsinya. Saat melakukan perawatan atau servis, bukan hanya oli mesin saja yang harus diganti secara berkala. Namun, oli gardan pun juga penting untuk diganti.

Tidak sedikit pemilik motor matic yang menganggap enteng fungsi oli gardan. Banyak juga yang lupa menggantinya karena usia pakainya yang cukup lama. Padahal, oli gardan memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada transmisi otomatis.

Oli gardan hendaknya diganti setiap motor sudah menempuh jarak 8.000 km atau sudah berusia 8 bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Efek yang ditimbulkan jika tidak mengganti oli gardan akan berimbas pada gear ratio. Kerusakan komponen tersebut bisa ditandai dengan munculnya suara berisik dari dalam box CVT.

Pasalnya, komponen di dalam box CVT tidak terlumasi dengan baik saat terjadi perpindahan gigi otomatis. Hal ini dikarenakan kekentalan oli yang sudah berkurang, sehingga gesekan terjadi antar komponen.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK