NEWS
DETAILS
Senin, 27 Dec 2021 19:04 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Rem pada motor memiliki fungsi yang sangat vital. Sebab berkaitan langsung dengan safety. Fungsi rem yaitu memperlambat  dan menghentikan laju roda. Rem yang berfungsi dengan baik akan dapat menghentikan laju roda dengan maksimal.

Sebaliknya, rem yang sudah aus kampasnya apalagi blong, sangat bahaya. Mengundang petaka, rem yang blong ini ketika ingin memperlambat laju motor atau menghentikan laju roda tidak bisa maksimal. Ujung-ujungnya motor akan melambat atau berhenti di titik yang tidak sesuai harapan.

Untuk itu sebelum menyalakan mesin motor dan berkendara, wajib cek salah satu perangkat yang berhubungan langsung dengan safety yaitu rem.

Pastikan rem berfungsi dengan baik sebelum berkendara supaya safety selama perjalanan. Rem untuk roda depan dan belakang coba difungsikan. Pastikan bekerja optimal.

Cek juga jarak bebas rem. Ikuti sesuai anjuran pabrikan. Jarak bebas tuas rem 2-3 centimeter dan pedal rem juga sama. Jarak bebas rem ini penting diatur agar, proses pengereman berjalan enak. Tidak membuat terkejut pengendara atau yang dibonceng nantinya. Rem dalam kondisi normal dan bekerja dengan baik, ikut menentukan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK