NEWS
DETAILS
Rabu, 20 Apr 2022 08:04 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Shockbreaker merupakan salah satu komponen penting pada motor yang berfungsi untuk meredam getaran dan menjaga kenyamanan berkendara, terutama saat melewati jalan yang bergelombang dan juga rusak. Karena itu, shockbreaker membutuhkan perawatan khusus agar kinerjanya tetap sempurna dan tahan lebih lama. Berikut adalah beberapa cara mudah merawat shockbreaker yang bisa kawan-kawan praktikan sendiri!

Bersihkan Shockbreaker

Bersihkan shockbreaker secara teratur dari debu atau lumpur yang menempel yang bisa dilakukan bersamaan saat mencuci motor. Kotoran yang dibiarkan tertimbun dapat menimbulkan karat atau membuat seal/karet dan piston rusak, dan dapat mengakibatkan oli dalam shockbreaker bocor. Jika oli sudah bocor, tingkat kenyamanan berkendara akan berkurang dan dapat berisiko kecelakaan.

Kurangi kecepatan di jalan rusak

Sebisa mungkin hindari jalan yang rusak, berlubang atau bergelombang saat berkendara. Tetapi jika kawan-kawan terpaksa, sebisa mungkin kurangi kecepatan dan berkendara secara pelan saja. Melintasi jalan yang tidak rata atau rusak dalam kecepatan tinggi akan membuat beban shockbreaker semakin berat dan hantaman yang timbul akan membuat shockbreaker cepat rusak.

Jangan pakai aksesoris yang tidak resmi

Penggunaan aksesoris seperti peninggi motor yang bukan peruntukannya dapat berdampak buruk bagi shockbreaker. Hal ini dikarenakan ukuran shockbreaker sudah disesuaikan dengan fungsi dan kapasitas motor masing-masing. Menambah aksesoris seperti itu bisa menurunkan kinerja collar dan membuat shockbreaker cepat rusak.

Hindari membawa beban berlebihan

Perhatikan barang bawaan saat berkendara, karena setiap motor memiliki ketentuan bobot beban yang dianjurkan oleh pabrik. Saat membawa beban berlebih, shockbreaker akan terpaksa bekerja melebihi kapasitasnya. Jika terlalu sering membawa beban berlebih, bisa dipastikan komponen shockbreaker akan cepat aus dan keras sehingga kinerja komponen dan kenyamanan berkendara akan menurun.

Lakukan Penggantian Oli

Selain memastikan kondisi kebersihan shockbreaker, jangan lupa untuk mengecek olinya. Oli dalam shockbreaker berfungsi untuk menyerap getaran pada motor. Seiring usia pakai, kualitas oli shockbreaker akan berkurang. Karena itu, lakukan penggantian oli shockbreaker setidaknya setiap 15.000km.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK