NEWS
DETAILS
Sabtu, 28 May 2022 14:55 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Klakson memiliki fungsi yang vital untuk keamanan pengemudi dalam berkendara. Meskipun motor masih tetap bisa dikendarai, klakson yang mati bisa berujung pada bahaya!

Tak berfungsinya klakson meningkatkan potensi kecelakaan, karena komponen tersebut berperan membuat pengendara dapat mengetahui posisi kendaraan lain yang perlu dihindari. Maka sudah semestinya komponen ini dirawat baik-baik dan segera diperbaiki jika rusak.

Apabila terdapat masalah dan suara kurang nyaring pemilik kendaraan perlu melakukan pemeriksaan apa yang menjadi faktor penyebabnya. Ada beberapa komponen yang perlu dicek jika suara klakson melemah.

Aki Sudah Lemah

Aki merupakan sumber energi yang dimanfaatkan kendaraan untuk mengaktifkan komponen yang berkaitan dengan listrik, seperti starter dan klakson. Aki yang masih normal dapat memberikan suara nyaring dan lantang. Sebaliknya, aki yang sudah soak akan membuat suara pada klakson tidak nyaring atau bahkan tidak bersuara sama sekali. Hal itu dikarenakan Aki merupakan sumber tenaga untuk klakson. Selain klakson yang tidak bersuara, paling tidak ada empat tanda-tanda lain jika aki motor sudah mulai habis, yaitu: electric starter macet, lampu motor redup, ritme lampu sein mengikuti rpm dari gas, motor sulit hidup saat dinyalakan dengan starter engkol. Solusi untuk masalah aki yang sudah kehilangan tenaga, adalah menggantinya, atau mengisi ulang dayanya.

Suplay Arus Listrik Kurang

Selain kondisi aki, ada hal lain yang perlu diperiksa agar klakson terhindar dari suara serak dan tidak nyaring. Suplai dari aki perlu dihubungkan oleh konektor agar arusnya dapat membunyikan klakson ketika dipakai. Kurangnya arus listrik dari penyuplai dapat menyebabkan suara klakson tak lagi nyaring. Hal ini dapat terjadi bila arus dari penyuplai tidak dapat tersampaikan secara maksimal karena tertutup debu dan karat yang mungkin terdapat dalam kabel konektor. Kabel putus juga bisa menjadi penyebab klakson mati. Komponen Klakson memiliki 2 kabel, yaitu kabel listrik dan kabel massa. Lepasnya salah satu atau kedua kabel tersebut dari posisinya akan membuat klakson tidak berbunyi. Oleh karena itu, apabila dua kabel itu terlepas, segera sambungkan kembali. Selain itu lebih baik untuk mengikat kabel dengan kencang supaya tidak mudah copot kembali.

Soket Ada Yang Kendur

Kinerja klakson juga dihubungkan langsung dengan jaringan konektor yang disusun agar dapat membunyikan suara. Soket yang kendor dapat mempengaruhi mekanisme kerja yang dilakukan jaringan konektor. Kondisi soket yang kotor dan berkarat biasa menjadi penyebab klakson mati, biasanya ini terjadi karena motor jarang dibersihkan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK