NEWS
DETAILS
Jumat, 03 Jun 2022 07:20 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Buat kamu yang motornya masih pakai kunci biasa, harus ekstra hati-hati saat parkir di luar terutama saat musim hujan. Salah satu yang mungkin terlewat saat merawat motor di musim hujan adalah memastikan rumah kunci kontak dan stang selalu aman. Posisi rumah kunci pada sepeda motor ini rawan kemasukan air hujan, terutama ketika motor diparkir di area terbuka saat hujan.

Lubang kunci kontak yang sering terkena air hujan dapat menyebabkan lubang kunci seret karena kotoran yang masuk ke lubang kunci. Lubang kunci motor yang seret tentu saja menjengkelkan bagi pengendara. Anak kunci menjadi susah masuk atau keluar. Kalaupun bisa masuk, kadang kala terasa keras, kaku, atau sulit diputar. Jika dipaksa, tidak mustahil menyebabkan anak kunci bengkok atau bahkan patah. 

Coba cek-cek, apakah kamu mengalaminya? Jangan panik dulu. Yuk baca cara mengatasinya lubang kunci yang seret.

Biasanya korosi yang terjadi pada lubang kunci kontak jadi pemicu seretnya keluar masuk anak kunci. Tumpukan kotoran dan air menyebabkan korosi yang berakibat menghalangi jalur keluar masuk anak kunci.

Cara mengatasinya cukup mudah. Siapkan saja oli mesin atau pelumas lainnya. Jangan yang bekas pakai ya, khawatir ada kotoran yang malah akan ikut masuk ke dalam lubang kunci. Nah lebih baik lagi kalau menggunakan cairan anti karat. 

Pertama-tama oleskan oli pada anak kunci secara merata, selanjutnya masukan pada lubang kuncinya. Atau semprotkan cairan anti karat pada anak kunci dan lubang kunci secukupnya. Lakukan gerakan memasukan dan mencabut anak kunci secara perlahan.

Jika terlihat kotoran di penampang anak kunci, bersihkan dan kemudian tambahkan lagi oli atau cairan anti karatnya. Lakukan langkah ini secara berkelanjutan sampai keluar masuknya anak kunci terasa lancar.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK