NEWS
DETAILS
Jumat, 03 Jun 2022 15:33 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Mencuci motor merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk menjaga penampilan sepeda motor. Ada hal yang wajib kamu perhatikan dalam mencuci motor, baik itu mencuci sendiri atau diserahkan pada orang lain. Yang paling sering dilakukan adalah kebiasaan langsung membilas sepeda motor setiba di tempat cuci motor. Sayangnya kebiasaan ini harus dihilangkan lho. Khususnya untuk motor yang masih dalam kondisi mesin panas. 

Kebiasaan ini mempunyai efek buruk untuk sepeda motor! Bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan langsung dengan air dingin ketika dicuci akan terjadi perubahan suhu yang drastis. Hal ini akan mengakibatkan thermal shock atau terjadi penyusutan material secara mendadak saat terkena air dingin.

Dalam kondisi panas, biasanya mesin juga mengeluarkan uap panas sesaat setelah disiram air. Karena perbedaan temperatur, uap panas tersebut juga membuat timbunan embun pada panel indikator, reflektor lampu dan water spot di bodi. Kalau hal itu dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, beresiko negatif. Salah satunya adalah blok mesin motor retak. Efek buruk lainnya adalah leher pipa knalpot yang berlapis krom bisa berubah warna jadi agak kekuningan.

Karena itulah disarankan, saat kondisi suhu mesin masih panas, beri jeda waktu 5 sampai 10 menit sebelum dicuci. Ini akan membantu mengurangi resiko terjadi kerusakan yang tidak kamu inginkan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK