NEWS
DETAILS
Senin, 06 Jun 2022 18:13 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Merawat motor kesayangan perlu dilakukan secara rutin dan tidak boleh asal. Apalagi kalau kawan-kawan tipenya yang suka merawat sendiri di rumah untuk meminimalisir timbulnya kerusakan. Dengan demikian, kawan-kawan bisa menghindari pengeluaran biaya berlebih saat kerusakan terjadi dan motor dibawa ke tempat servis.

Maka dari itu, kawan-kawan harus paham komponen apa saja yang perlu dicek agar tahu memulai dari mana. Terdapat beberapa spare part motor Honda yang wajib dicek secara rutin agar kondisi motor selalu siap dan agar tahu apakah ada komponen yang perlu diganti atau tidak. Simak daftar berikut!

Ban

Cek kondisi tekanan angin ban agar sepeda motor tidak berat dan tidak boros bensin. Pastikan agar tekanan angin selalu diisi sesuai dengan kebutuhan dan jenis ban yang digunakan. Apabila mengalami kebocoran, segera lakukan tambal ban di bengkel terdekat. Namun jika ban sudah botak, kawan-kawan harus segera ganti dengan ban baru untuk menghindari kecelakaan dari jalanan yang licin dan kondisi lain yang tidak terduga.

Sistem penerangan

Salah satu perawatan yang mudah adalah dengan memeriksa kondisi sistem penerangan motor dari lampu depan, sein, dan pengereman. Apabila salah satu dari lampu tersebut tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mati, kawan-kawan bisa segera ganti dengan lampu baru dari bengkel terdekat. Sebab penerangan pada motor menjadi salah satu faktor keselamatan pengguna jalan khususnya untuk perjalanan di malam hari.

Sistem pengereman

Lakukan pemeriksaan kondisi rem dari bagian kampas rem, minyak rem dan kalipernya, khususnya saat akan berkendara jarak jauh. Apabila kampas rem sudah aus sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Selain itu, kawan-kawan juga perlu hindari kebiasaan mengerem secara mendadak agar komponen sistem pengeremannya bisa awet dan tahan lama.

Kabel gas dan kopling

Komponen lain yang harus diperhatikan adalah kabel gas dan kopling (khusus bagi motor bertransmisi manual). Pastikan agar kabel gas dan kopling tidak mengalami kerusakan. Apabila ada kerusakan, segera bawa ke bengkel terdekat untuk menghindari putusnya kabel akibat gesekan pada komponen ini.

Oli mesin, gardan dan CVT

Oli merupakan komponen yang berperan untuk memastikan mesin kendaraan bekerja secara optimal. Maka kawan-kawan wajib rutin cek kondisi oli dan ganti secara berkala sesuai. Selain itu, kawan-kawan juga harus memperhatikan filter oli motor agar sirkulasi oli tetap lancar, serta dianjurkan untuk mengganti setiap 4 bulan sekali.

Khusus untuk pengguna motor matic, pastikan juga agar kawan-kawan rutin cek dan ganti secara berkala oli gardan ketika motor telah menempuh jarak 8,000-10,000 km. Selain itu, periksa juga keadaan komponen dalam CVT motor, pastikan agar belt dan rollernya masih dalam keadaan baik. Jika bagian dalam CVT sudah retak dan roller sudah tidak rata, segera ganti dengan yang baru.

Rantai dan gear

Kawan-kawan perlu cek rantai dan gear secara rutin apalagi bagi yang punya motor bertransmisi manual. Apabila gear motor sudah lancip dan rantai motornya mengendur, komponen ini harus diset dan ketika kondisinya sudah terlalu parah harus segera diganti.Itulah komponen motor yang harus rajin-rajin dicek untuk menghindari timbulnya kerusakan pada motor. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK