NEWS
DETAILS
Sabtu, 10 Sep 2022 08:24 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Tangki bensin merupakan bagian yang penting untuk motor. Bahkan untuk jenis motor tertentu, bentuk tangki juga menentukan seberapa macho motor tersebut. 

Tapi apa jadinya kalau tangki bocor? Ya, tangki bensin ini juga bisa bocor kawan-kawan. Walaupun terbuat dari bahan yang keras, ternyata masih ada hal – hal yang membuatnya bocor yang tentunya ini akan menjadi masaah yang harus segera diselesaikan. 

Penyebab dari bocornya tangki motor itu berasal dari korosi yang menyebabkan logam pada tangki berkarat. Kalau sudah berkarat dan didiamkan saja, tinggal tunggu waktu untuk tangki itu jadi bocor.

Karat terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam tangki. Masalahnya bagaimana air tersebut bisa masuk? Nih beberapa diantaranya. 

Embun

Udara yang berada di dalam tangki motor ini bisa jadi ancaman kebocoran. Saat ada peningkatan suhu pada tangki, udara di dalam akan mengembun. 

Karena pengembunan ini sudah pasti terjadi, maka kawan-kawan tidak bisa melakukan apa-apa. Kecuali jika tangki motormu punya fitur pembuangan air. Karena tidak semua motor punya fitur ini, cara yang paling mudah adalah selalu menjaga kondisi tanki dalam keadaan full terisi BBM dengan semakin banyak BBM yang berada di dalam tanki maka volumen udara yang berada di dalam tanki pun akan semakin sedikit.

Bocor dari Tutup Tanki

Untuk menjaga tekanan udara di dalam tangki, biasanya pada tutup tangki terdapat sebuah ventilasi agar tidak terjadi kevakuman pada tanki sepeda motor. Sayangnya ventilasi ini juga bisa menjadi akses masuk untuk air ke dalam tangki motormu. 

Inilah kenapa kita harus hati – hati saat mencuci motor, terutama saat membersihkan daerah tangki. Jangan sampai ketika kita membersihkannya malah membuat tangki motor kerembesan air. 

Korosi Air Hujan

Air hujan memang terkenal sebagai cairan yang mudah membuat besi karatan. Tingginya konsentrasi oksigen yang ada di dalam air hujan membuat korosi semakin mudah terjadi.

Oleh karenanya, jangan biarkan air hujan berlama – lama menempel di tangki motor maupun part besi lainnya. Segera bilas motor ketika terkena air hujan. Pastikan debu dan air hujan luruh bersama air. Jangan lupa juga untuk langsung mengelapnya hingga kering. 

Selain itu parkirkan motor di area yang tidak terkena hujan. Bagaimanapun jika motor sering terkena hujan, pastinya akan berimbas buruk pada part – part logam di dalamnya, termasuk tangki bensin. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK