NEWS
DETAILS
Sabtu, 19 Nov 2022 07:39 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

 Kawan-kawan.... Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan roda dua. Setiap ban memang memiliki durasi pakai yang tak bisa dihindari. Namun teknik berkendara yang kurang tepat bisa menyebabkan ban menjadi cepat aus alias gundul.

Untuk menjaga ban menjadi awet ada beberapa cara mudah, dan hal ini bisa kita lakukan sehari-hari ketika kita berkendara menggunakan sepeda motor kesayangan.

Yang pertama adalah rajin membersihkan sepeda motor. Motor pasti akan selalu kotor bila kita gunakan secara terus-menerus, apalagi saat musim penghujan. Biasanya motor yang melewati jalanan berbatu dan berkerikil, maka kerikil-kerikil tersebut akan ikut terbawa ke ban motor.

Biasanya kerikil yang terselip di sela-sela ruas ban ini  dianggap sepele, namun bisa membahayakan.Karena ternyata kerikil-kerikil kecil yang menyelip pada bagian celah ban bisa menjadi penyebab ban bocor.

Apabila dibiarkan terus-menerus, kotoran dari kerikil itu alan tertanam lama pada ban hingga membuat ban menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, apabila kondisi ban motor sudah kotor, segera bersihkan sehingga dengan demikian ban akan lebih awet dan terhindar dari kebocoran akibat kerikil yang ikut terbawa oleh ban tersebut.

Yang kedua adalah Hindari membawa beban yang melebihi kapasitas motor karena ini akan menyebabkan ban kendaraan menjadi cepat pecah secara perlahan. Selain itu ketika sedang mengemudi, sebaiknya hindari pula jalanan yang berlubang serta hentikan kendaraan secara tiba-tiba.

Nah, supaya ban tidak mudah mengalami sobek, sebaiknya hindari ban bersentuhan dengan bahan berminyak seperti bensin. Pasalnya cairan berminyak ini justru bisa merusak elastisitas ban, sehingga lebih rentan terhadap sobekan dan pecah.

Yang berikutnya adalah menjaga tekanan angin dalam ban kendaraan termasuk bisa membuat awet ban. Seperti yang kita ketahui, bahwa sebenarnya tekanan angin pada ban sangat berpengaruh pada usia ban, tak terkecuali motor.

Yang terakhir agar ban motor tetap awet adalah dengan menghindari pengereman secara mendadak, pengereman mendadak membuat ban bekerja eksra sehingga gesekan yang terjadi semakin besar yang tetntunya akan lebih mengikis ban yang membuat ban menjadi cepat aus 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK