NEWS
DETAILS
Selasa, 03 Jan 2023 06:43 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Menjaga motor untuk berada dalam kondisi bersih tentu menjadi dambaan setiap orang, namun saat ini musim tidak bisa ditebak dimana hujan yang tiba-tiba turun pasti akan membuat motor menjadi sering terlihat kotor. Dampaknya intensitas mencuci jadi dua kali lipat lebih sering. Tapi kebanyakan pemilik membersihkannya dengan asal tanpa perhatikan cara yang benar. Tak jarang ada salah satu part menjadi cepat rusak, khususnya yang berhubungan dengan listrik.

Mencuci motor memang lebih enak dilakukan oleh sendiri, selain kita bisa motor akan menjadi lebih bersih, kondisi sepeda motor juga akan mudah kita ketahui misalnya ada rembesan oli atau kerusakan beberapa bagian.

Namun sebelum menyuci motor ada beberapa hal yang patut diketahui dan jangan dilakukan ketika kita akan mencuci motor kesayangan, diantaranya:

  1. Jangan menggunakan air semprotan bertekanan tinggi karena akan merusak komponen kelistrikan dan bagian motor yang bergerak.
  2. Jangan arahkan semprotan air ke dalam knalpot karena dapat membuat skuter tidak bisa dinyalakan. Lebih parah, ini akan menimbulkan karat di dalam knalpot.
  3. Jangan arahkan air bertekanan tinggi langsung ke bawah jok.
  4. Jangan arahkan air ke saringan udara. Keberadaan air pada area tersebut juga dapat menyebabkan mesin tidak bisa dinyalakan.
  5. Jangan arahkan air ke sekitar lampu depan karena akan menyebabkan pengembunan.
  6. Jangan menggunakan wax atau bahan pemoles pada permukaan boda yang dicat dengan jenis matte (dof). Gunakan kain lembut atau spons, air dan deterjen ringan untuk membersihkan permukaan yang dicat jenis doff. Lalu keringkan dengan kain halus dan bersih.

Nah itu dia beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan ketika mencuci motor kesayangan karena hal tersebut berpotensi merusak beberapa komponen sepeda motor yang tentunya akan membuat kita mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan sepeda motor.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK