NEWS
DETAILS
Sabtu, 08 Apr 2023 08:55 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Apparel dan accessories pengguna sepeda motor memang banyak jenisnya, beberapa diataranya memiliki fungsi tapi ada juga sebagai pendukung fashion. Nah, salah satu accessories yang sering digunakan oleh pengguna sepeda motor adalah balaclava.

Fungsi dan kegunaannya balaclava oleh pengguna sepeda motor adalah untuk melindungi pernafasan dari partikel debu yang mengganggu saat berkendara. Tapi sebenarnya fungsi utama dari Balaclava adalah sebagai penutup rambut supaya lebih nyaman dan memudahkan saat menggunakan helm. Mirip seperti fungsi daripada kaos kaki ketika kita hendak menggunakan sepatu.

Ada beberapa jenis balaclava yang dijual di pasaran, diantaranya yang memiliki desain menutup semua bagian kepala dan hanya menyisakan lubang dibagian mata saja, tapi ada juga balaclava yang hanya untuk menutupi bagian rambut saja.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih balaclava supaya lebih nyaman, yang pertama adalah dari bahannya. Kebanyakan yang dijual adalah dari bahan kain biasa tapi ada juga dari bahan spandek yang lebih elastis. Sehingga untuk membuat balaclava nyaman dipakai adalah dengan memilih bahan yang bisa menyerap keringat.

Karena balaclava juga bisa berfungsi sebagai penyerap keringat supaya tidak langsung terkena bagian interior helm seperti padding atau kain busa helm, sehingga membuat helm lebih bersih dan lebih tahan lama dipakainya.

Bahan yang dipakai juga harus punya sirkulasi udara yang baik, karena ketika dipakai dengan menutupi hidung pastikan bahannya tidak terlalu tebal tapi bisa menyaring udara yang kita hirup tidak tertahan yang menyebabkan pengap dan mengganggu pernafasan.

Dan jangan lupa bahan yang digunakan pun harus kuat dan tahan gesekan, karena tentunya balaclava akan selalu sering dipakai bersamaan dengan helm, sehingga ketika melepas atau memasukan helm, balaclava tidak mudah rusak karena gesekan.

Karena sering terkena keringat, balaclava juga harus dijaga kebersihannya dengan cara sering dicuci dan juga disimpan di tempat yang bersih dan kering.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK