NEWS
DETAILS
Minggu, 30 Apr 2023 15:50 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Sepeda motor boleh dibilang bukan pilihan kendaraan terbaik untuk mudik karena faktor keselamatan. Terlebih lagi jika jarak yang akan ditempuh terlalu jauh. Namun, karena berbagai alasan, masih banyak masyarakat yang tetap melakukan mudik menggunakan sepeda motor.

Setelah kembali ke kota asal, terdapat beberapa bagian motor yang mesti dipastikan berfungsi dengan baik. Hal ini penting dilakukan agar motor kembali siap digunakan beraktivitas sehari-hari.

Berikut ini beberapa tips perawatan motor yang bisa dilakukan setelah mudik

Mencuci Motor
Setelah menempuh perjalan jarak jauh maka bodi motor pasti dipenuhi kotoran. Untuk menghindari kerak yang menempel pada sepeda motor, maka sebaiknya segera dicuci.

Ganti Oli
Kemudian ada baiknya pemilik juga melakukan penggantian oli mesin guna menjaga performa motornya tetap prima. Idealnya oli mesin diganti setiap 4.000 km (maksimal) atau sesuai dengan jadwal di buku service.

Cek Filter Udara
Perjalanan jarak jauh juga akan membuat banyak kotoran menempel pada filter udara. Kondisi saringan udara yang kotor akan membuat motor menjadi tidak bertenaga dan boros bahan bakar.

Cek Busi
Langkah berikutnya ialah melakukan pengecekan busi. Idealnya busi memang perlu dicek setiap 4.000 km dan diganti setiap 8.000 km. Namun, jika ditemukan tanda-tanda busi mengalami kendala sebaiknya langsung diganti.

Cek Bagian Rem
Intensitas pengereman yang tinggi pada saat melakukan perjalanan jauh membuat rem cepet haus. Khususnya kampas rem yang mulai menipis.

Cek Kondisi Ban
Ban yang sudah tipis karena habis terpakai dapat membahayakan bagi pengendara. Secara petunjuk pemakaian, cek kondisi ban setiap 4.000 km. Tak kalah penting ialah memastikan tekanan angin mencukupi.

Gear Sprocket dan Rantai
Untuk tipe motor bertransmisi manual, cek kondisi gear dan rantai apakah kendor atau terlalu kencang. Rantai yang terlalu kendor atau kencang dapat merusak beberapa sistem gear serta membahayakan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK