NEWS
DETAILS
Kamis, 09 Nov 2023 13:07 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Sebagian biker beranggapan bahwa menggunakan ban dengan ukuran lebih lebar, maka daya cengkram ke jalan juga lebih kuat. Selain untuk kenyamanan, mengganti ban dengan ukuran lebih besar juga akan menghadirkan tampilan motor lebih gagah.

Untuk mempraktikannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sobat tidak bisa hanya mengganti bannya dengan ukuran yang lebih lebar, ukuran pelek juga harus diperhatikan.

Meskipun ada juga biker yang suka memaksa, pelek tetap pakai ukuran lama tapi ban diganti ukuran lebih besar. Katanya masih aman, padahal itu hanya alasan saja karena ogah keluar uang lebih banyak. Karena jika hasilnya ingin maksimal, pelek juga harus diganti yang ukurannya sesuai.

Untuk lebih amannya, perhatikan 4 langkah berikut:

1. Penggunaan ban yang lebih lebar tanpa mengganti pelek menjadi lebih lebar juga akan membuat permukaan ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Sehingga, daya cengkramnya jadi berkurang dan menurunkan tingkat keselamatan dan kenyamanan saat di jalan.

2. Perhatikan selisih yang ideal antara ukuran lebar ban dengan pelek. Umumnya, naik dua tingkat masih tidak masalah. Contohnya, pelek standar dengan lebar 2,75 inci, ban standarnya lebar 3 inci. Maka, maksimal ukuran bannya adalah 3,25 inci atau setara dengan 100/90. Jika ukuran peek 3,25 inci, maka ukuran ban maksimal 4 inci atau 120/70.

3. Perhatikan lebar swingarm. Jika ukuran ban dan pelek sudah sesuai, jarak antara ban dengan swingarm juga perlu diperhatikan agar tidak mentok.

4. Perhatikan jarak bibir terluar ban dengan rantai atau pada motor matic biasanya akan bersentuhan dengan shockbreaker. Jangan sampai antara ban dengan rantai atau shockbreaker bergesekan, karena akan membuat masing-masing komponen tersebut menjadi rusak.

Semoga sobat sekalian lebih tercerahkan jika ingin mengganti ban dengan ukuran lebih besar

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK