NEWS
DETAILS
Jumat, 08 Dec 2023 12:51 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Saat beraktifitas kadang kita dipusingkan dengan kondisi motor yang tiba-tiba mogok, hal ini biasanya disebabkan karena minimnya perawatan yang kita lakukan secara berkala terhadap motor kita sehingga kondisi motor menjadi tidak prima.

Jika hal tersebut sudah terlanjur terjadi, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu masalah utama penyebab mogoknya motor kita, jika sudah diketahui maka solusi yang diambil pun akan tepat dan kita bisa segera kembali beraktifitas menggunakan motor kesayangan kita.

Berikut ini terdapat beberapa penyebab motor mogok bisa mogok berikut solusi yang dapat dilakukan.

Bahan Bakar Habis

Masalah yang satu ini merupakan masalah yang kerap terjadi dimana kita lupa mengisi bahan bakar atau indikator bahan bakar sepeda motor kita sudah error yang menyebabkan tanki bahan bakar kita menjadi kosong sehingga tidak ada lagi suplay bahan bakar menuju ruang bakar untuk menyalakan mesin sepeda motor.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini sudah jelas kita harus mencari tempat pengisian BBM terdekat kemudian mengisi bahan bakar sesuai dengan kadar oktan yang sesuai dengan motor kita agar motor kita bisa kembali melaju. 

Mesin Overheat

Masalah motor yang berikutnya yang menyebabkan kondisi motor tiba-tiba mogok hampir semua orang tahu bahwa mesin yang mengalami overheat atau terlalu panas. kondisi ini biasanya terjadi ketika kita melaju ditanjakan yang cukup terjal yang cukup panjang yang membuat mesin harus bekerja cukup ekstra sementara sistem pendinginan tidak bekerja secara optimal.

Solusinya tentu saja dengan mengistirahatkan motor, agar tidak digunakan selama kurang lebih 1 jam agar suhu mesin menurun. Apabila kondisi ini terus berulang sebaiknya segera mencari bengkel terdekat untuk memastikan kondisi mesin agar tidak menimbulkan masalah yang lebih besar.

Oli Mesin

Hal ini yang seringkali menjadi penyebab utama dari sebuah motor yang mogok. Karena adanya oli mesin yang sudah lama tidak diganti solusinya tentu saja sangat mudah yaitu dengan mengganti oli mesin secara rutin.

Oli mesin memiliki masa pakai sehingga kita harus menggantinya secara rutin. Oli yang tidak pernah diganti kualitasnya akan semakin menurun sehingga tidak bisa menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya yaitu melumasi dan menjaga suhu mesin dalam kondisi optimal.

Setelan Klep tidak tepat

Masalah berikutnya yang biasa menjadi penyebab motor mogok adalah setelan klep yang tidak tepat, hal ini biasanya sering terjadi kalau kita sering kali melakukan servis sepeda motor ke bengkel tidak resmi.

Biasanya klep yang terlalu rapat atau justru tidak tepat menjadikan motor mengalami mogok dan mesin mati terus menerus. Sehingga mesin akan menjadi cepat panas atau overheat. Untuk mengatasi masalah ini bawa kembali sepeda motor ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan agar kembali menyetel klep sesuai standar.  Ketika menyetel mesin juga harus dalam keadaan dingin dan tidak sedang digunakan, atau baru saja mengalami perjalanan yang sangat panjang.

Filter Motor Kotor

Terakhir masalah motor yang tiba-tiba mogok biasanya terjadi akibat adanya filter udara yang cukup kotor sehingga aliran udara yang akan masuk ruang bakar menjadi terhambat. 

Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara mengganti atau membersihkan filter tersebut.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK