NEWS
DETAILS
Jumat, 08 Dec 2023 13:03 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Water pump radiator yang rusak akan membuat motor overheat karena tidak mengalirkan cairan pendingin, yang jika dialami terus menerus akan membuat komponen lain juga rusak. Tapi selain water pump, hal lain yang tidak kalah penting adalah untuk selalu ingat secara rutin mengganti air radiator. 

Berikut tanda-tanda water pump radiator rusak:

Mesin motor bunyi bising

Mesin yang berisiki adalah tanda awal water pump rusak yang ditimbulkan dari kerusakan bearing dan drive belt water pump. Drive belt yang kendur akan membuat putaran water pump tidak maksimal dan berisik. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti drive belt yang rusak.

Kipas radiator yang tidak berhenti berputar atau berhenti berputar sama sekali

Jika kipas radiator menyala terus menerus dan suhu mesin sudah melebihi 96 derajat dikarenakan kipas radiator terus berputar dan menghasilkan panas, ini adalah tanda water pump rusak. Begitupun sebaliknya, jika kipas berhenti berputar. Kipas radiator yang berhenti membuat air radiator tidak bisa bersirkulasi.

Air radiator berhenti bersirkulasi 

Cara mengecek air radiator ini adalah dengan membuka thermostat untuk sementara waktu saat mesin menyala, namun motor tidak bergerak. Jika air radiator bersirkulasi, artinya waterpump ada di kondisi baik. Cara lainnya adalah dengan mengisi air ke radiator agar water pump menghisap air tersebut. Jika saat menuang tapi air di radiator tidak muncrat atau tidak terdapat riak, tandanya water pump sedang bermasalah.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK