NEWS
DETAILS
Rabu, 27 Dec 2023 12:26 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Tegangan aki yang normal, membuat perangkat motor yang menggunakan listrik dari aki akan maksimal kerjanya. Lain cerita bila tegangan aki dibawah standarnya atau di bawah 12,4 volt. Bikin susah pengendara atau pemiliknya.

Paling gampang mendeteksi saat tegangan aki di bawah normal pada motor matik gejalanya yaitu elektrik starter tidak berfungsi dengan baik. Saat tombol elektrik starter ditekan maka mesin tidak langsung menyala.

Menghidupkan mesin matik sedikit lebih merepotkan daripada menghidupkan mesin manual, karena posisi motor harus pakai penyangga dua, dan kamu harus turun dari motor ke posisi pedal, lalu kaki menjejak pedal kick starter untuk menghidupkan mesin. Kadang tak cukup sekali jejakkan untuk menghidupkan mesin ini, butuh beberapa kali baru greng…. Mesin hidup.

Penting mengecek tegangan aki secara berkala. Ketika servis rutin dilakukan di bengkel resmi Honda AHASS minta ke mekanik untuk mengecek tegangan aki sekalian.
Atau jika ingin mengecek tegangan aki sendiri di rumah juga bisa. Siapkan dulu alat ukurnya Volt Meter.

Buka cover penutup aki pada motor sehingga bisa melakukan pengukuran tegangannya. Nyalakan Volt Meter. Hubungkan  kabel positif Volt Meter ke positif aki dan kabel ukur negatif ke negarif aki.

Lihat pada alat ukur tegangan aki. Bila tegangan 12,4 volt dan diatasnya aki dalam kondisi baik. Namun bila dibawahnya minta di isi atau siap-siap ganti aki baru.

Pengukuran bisa dilakukan dalam kondisi mesin mati atau mesin hidup. Bila dalam kondisi mesin hidup, tegangan aki normal di 12,4 volt dan di atasnya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK