NEWS
DETAILS
Sabtu, 16 Mar 2024 02:01 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Berkendara yang benar adalah kewajiban setiap individu. Fokus yang tinggi diperlukan untuk meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan. Nah, kesadaran keselamatan berkendara ini harusnya mulai diperhatikan agar dapat mengemudi dengan aman dan nyaman.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara agar selamat sampai tujuan. Perhatian dari si doi sih boleh-boleh saja kamu abaikan, tapi jangan sesekali ya mengabaikan 6 hal penting saat berkendara. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Gunakan Perlengkapan Berkendara

Ingat, sebelum berkendara kamu harus memerhatikan kelengkapan berkendara. Boleh banget berkendara romantis kayak Dilan dan Milea, tapi tetap harus pakai perlengkapan ya.

• Helm 

Perlengkapan berkendara yang penting ini memang tidak boleh dilupakan oleh setiap pengendara motor. Pastikan helm kamu memiliki standar SNI yang sudah terjamin kualitasnya ya!

• Kaca Spion

Perhatikan juga kaca spion kendaraanmu. Jika ingin memodifikasi kaca spion, pastikan ukurannya pas agar kamu tidak kesulitan melihat blind spot.

• Sarung Tangan

Jangan lupa untuk memakai sarung tangan (agar tetap lembut ketika menggandeng tangan si Dia) untuk melindungi dari paparan sinar matahari saat berkendara di jalan raya.

• Sepatu dan Jaket

Kenakan sepatu yang mampu menutupi seluruh permukaan kaki, minimal menutupi mata kaki. Jangan lupa juga mix & match dengan jaket yang tepat untuk melindungi kamu saat berkendara ya! Selain melindungi dari paparan sinar UV, jaket juga dapat menghangatkanmu saat malam hari, sehangat pelukan si Dia…

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Sepadat apapun jalan yang kamu lalui, hindari mengambil jalan pintas dengan berkendara di trotoar. Jika dilakukan, itu artinya kamu sudah mengambil hak pejalan kaki. Ingat, pengendara yang baik selalu mendahulukan pejalan kaki. Selain itu, patuhi juga setiap rambu lalu lintas yang ada. Jangan berhenti melebihi garis marka jalan, apalagi sampai melanggar lalu intas. Tunjukkan kalau kamu adalah pengendara yang sabar dan patuh tehadap peraturan lalu lintas.

Jangan Menggunakan Ponsel Saat Berkendara

Tidak sedikit orang yang menggunakan ponsel saat berkendara, seperti berkomunikasi dengan rekan bisnis, selfie, atau update media sosial. Kebiasaan-kebiasaan ini haarus ditahan terlebih dahulu mengingat banyaknya kasus kecelakaan terjadi karena menggunakan ponsel saat bekendara. Oleh karena itu, sepenting apapun telepon atau chat, jangan sesekali menggunakan HP saat berkendara. Jika situasinya memaksa, kamu bisa menepi terlebih dahulu. Hindari juga memakai headset saat berkendara karena akan mengurangi konsentrasi.

Hindari Bersikap Arogan di Jalanan

Jangan karena lagi terburu-buru, lalu kamu bertingkah arogan di jalanan. Sebagai alternatif, kamu bisa mempersiapkan jadwal sebaik mungkin dan memperhitungkan waktu tempuh yang dibutuhkan. Sikap arogan akan mengganggu serta membahayakan pengendara lain di jalan. Ingat, kamu harus selalu menghargai hak pengguna jalan lainnya karena bagaimanapun keselamatan adalah hal yang utama.

Siagakan Jempol Jika Akan Bermanuver

Apa kamu pernah nonton video viral ibu-ibu yang lampu seinnya ke kiri, tapi beloknya ke kanan? Hal ini sangat dilarang untuk ditiru ya karena dapat membahayakan dirimu dan pengendara yang lain. Menyiagakan jempol saat berkendara akan membuat kamu selalu siaga dan sigap dalam menyalakan lampu sein dan membunyikan klakson.

Pada dasarnya, lampu sein berfungsi sebagai penanda kalau kamu akan belok atau bemanuver saat berkendara. Jadi, ingat ya untuk menyalakan lampu sein sesuai dengan ke mana kamu akan belok. Jangan sampai membuat bingung pengendara lain dengan kode lampu sein yang kamu berikan ya!

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK