NEWS
DETAILS
Sabtu, 19 Aug 2017 10:22 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Dalam Rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72. Para Bikers yang tergabung dalam Ikatan Motor Honda Bandung menggelar aksi Sosial dengan melakukan pengecatan Tugu Juang Siliwangi yang terletak di Bale Endah Kabupaten Bandung.

Tugu Juang Siliwangi Bale Endah yang terletak di Jalan Dipatiukur, Baleendah, Kabupaten Bandung merupakan monumen untuk mengenang para pejuang yang membebaskan Indonesia dari penjajahan, terutama yang berperang di Bandung Selatan.

Tugu Juang Siliwangi ini diresmikan pada 20 Mei 1975 bertepatan dengan hari kebangkitan nasional ke- 67. Yang meresmikan monumen kala itu adalah Gubernur Jawa Barat Aang Kunaefi dan Pangdam VI/Siliwangi Letnan Jenderal TNI Raden Himawan Soetanto.

Dua buah plakat menempel di bagian dinding di monumen tersebut. Tulisan di plakat menerangkan tujuan pembangunan monumen tersebut. Namun hurufnya sebagian sudah sulit terbaca. Dalam plakat yang satu lagi disebutkan monumen tersebut dibangun untuk memperingati hari jadi ke-29 Kodam VI/Siliwangi sekaligus peringatan ke-67 hari Kebangkitan Nasional.

Relief yang mengisahkan perjuangan para pahlawan masih bisa terlihat jelas. Dua warna hitam dan kuning mendominasi relief-relief tersebut. Relief yang menempel ke dinding yang masing-masing ukurannya kira-kira 2 x 3 meter. Delapan dinding untuk memasang relief tersebut dipasang beraturan sekaligus untuk menopang langit-langit tugu. Di dinding-dinding yang bercat putih banyak coretan tangan-tangan jahil.

Di balkon bangunan terdapat lima patung. Beberapa di antaranya sudah rusak. Ada yang kepalanya hilang, tangannya patah, dan catnya mulai terkelupas. Patung-patung tersebut berpakaian pejuang saat Indonesia masih berperang mempertahankan kemerdekaan. Patung tersebut menghadap ke Jalan Dipatukur, jalan di mana monumen tersebut berada.

Di belakang patung-patung tersebut menjulang tugu yang di puncaknya terpasang senjata khas Jawa Barat, yakni kujang. Pilarnya terbuat dari beton, sedangkan kujangnya bewarna keemasan.

Melihat kondisi Monumen yang kurang terawat ini menggerakkan hati para bikers yang tergabung dalam Ikatan Motor Honda Bandung untuk melakukan perawatan dengan melakukan pembersihan dan pengecatan agar tugu yang menjadi monumen untuk mengenang para pahlawan ini lebih terawat.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK