NEWS
DETAILS
Minggu, 29 May 2022 14:36 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Untuk kegunaan sehari-hari, motor kopling memang tidak sepopuler motor matic bagi kebanyakan orang. Apalagi anggapan bahwa cara mengendarai motor kopling lebih sulit masih umum ditemukan.

Tapi semakin kesini semakin banyak motor kopling yang dirancang lebih nyaman untuk dikendarai sehari-hari seperti CB150 Verza atau CB150R Streetfire dan lebih kuat untuk perjalanan jarak jauh.

Cara mengendarai motor kopling yang lebih rumit bukan jadi masalah kalau kawan-kawan sudah menguasai teknik serta tips dan trik mengendarainya. Malahan, kawan-kawan jadi bisa menikmati beberapa kelebihan dari naik motor kopling. Ada apa saja, ya?

Bisa Oper Gigi yang Halus dan Full Control

Kelebihan pertama dari mengendarai motor kopling adalah pengendara bisa memindahkan transmisi motor sesuai keinginan sendiri. Baik untuk dipakai ngebut atau oper gigi secara pelan, semua kendali ada di tangan kiri kawan-kawan. Selain itu, proses perpindahan gigi di motor kopling terasa lebih halus karena gear-nya tidak terpaut dengan putaran mesin. Punya full control dan jadinya transmisi lebih awet!

Engine Brake Lebih Mantap

Engine brake, atau teknik pengereman oleh mesin yang memperlambat laju motor ketika transmisi diturunkan ke gigi yang lebih rendah, adalah kelebihan yang paling seru dari motor kopling. Teknik ini sangat membantu untuk melakukan pengereman dalam kecepatan tinggi atau mendadak. Selain itu, ada sensasi tersendiri saat sudah lancar menggunakan engine brake saat berkendara. 

Jika bergantung pada rem saja temperatur dari kampas rem akan semakin tinggi dan efektifitas pengereman akan turun. Maka, baik saat melaju cepat atau dalam keadaan mendadak, fitur motor kopling yang satu ini sangat berguna. Namun perlu diingat untuk hanya menggunakan engine brake di saat-saat membutuhkan, karena dapat mengurangi masa pakai komponen motor dalam

Perawatan Relatif Mudah dan Murah

Berbeda dengan motor matic, perawatan motor kopling terbilang lebih mudah dilakukan. Kesehatan mesin motor bisa terjamin asal motor rajin dibawa servis ke AHASS terdekat sesuai dengan jadwal atau km yang sudah ditentukan dan rutin mengganti oli. Bahkan proses mengganti oli bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan jasa montir.

Selain mudah, perawatan motor kopling relatif lebih murah. Dilihat secara komponen, motor matic memiliki lebih banyak bagian yang perlu diperhatikan, seperti CVT, roller belt, juga dua jenis oli yang harus rutin diganti dibandingkan dengan motor kopling.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK