NEWS
DETAILS
Jumat, 06 Apr 2018 17:27 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Masih banyak diantara kita yang menganggap bahwa kaca spion motor yang orisinal dari pabrikan terkesan mengganggu. Posisinya yang lebar dan berbentuk seperti "tangan yang berdoa" dianggap susah untuk selap-selip diantara kendaraan lain apalagi saat keadaan macet.

Akibatnya banyak yang mengganti dengan kaca spion yang ukuran kacanya kecil, atau memiliki batang lebih pendek. Hanya untuk formalitas saja tapi ada yang lebih parah yaitu melepas kaca spion

Kaca spion menjadi salah satu unsur keamanan yang penting. Soalnya ketika kita naik motor itu resikonya jauh lebih besar dibanding ketika naik mobil. Biar aman di jalan salah satu caranya adalah dengan tetap memantau kondisi lalu lintas di belakang lewat kaca spion.

Namanya juga kaca, fungsinya tentu buat melihat pantulan objek yang ada di depan kaca tersebut. Kalau di motor, fungsi dari kaca spion tentu untuk melihat objek yang ada di belakang motor kawan-kawan semua. Kebayang nggak kalau nggak ada yang namanya kaca spion. Tiap mau belok, nengok ke belakang. Mau nyusul kendaraan lain, nengok ke belakang. Jadinya konsentrasi terpecah. Begitu di depan ada kendaraan lain, bisa-bisa kawan-kawan jadi kaget sendiri.

Meskipun terlihat sama, yaitu cermin yang diberi tangkai dan dipasang di kiri dan kanan motor. Spion sudah didesain dengan spesifikasi dan model motornya.  Sebab posisi duduk setiap motor kan berbeda. Ada yang duduk tegak, ada juga yang rada racy dengan posisi sedikit menunduk. Lebar setang setiap motor juga beda-beda kawan-kawan.

Contoh sederhana saja, kalau motor kawan-kawan yang harusnya memiliki lebar spion 15cm, menggunakan spion yang lebarnya hanya 10cm, yang terjadi bukannya bisa melihat ke belakang. Yang ada jadinya cuman tangan kawan-kawan saja yang kelihatan.

Selain itu kadang ada juga yang menggunakan spion aftermarket yang keliatan lebih keren atau gaya. Memang sih, tampilan motor bakalan keliatan lebih beda. Tapi performanya gimana nih? Banyak lho spion keren tersebut yang begitu dibawa jalan, malah bergetar cerminnya.

So... sekarang abaikan ucapan negatif orang tentang kaca spion, pikirkan pentinya kaca spion, karena kalau sudah biasa nyaman sekali kalau ada kaca spion.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK