NEWS
DETAILS
Rabu, 13 Jul 2022 15:59 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Jika dibandingkan dengan mobil, motor tentu salah satu moda transportasi yang paling irit bensin. Anda bisa menempuh jarak hingga kurang lebih 50 km hanya dengan 30 ribu Rupiah. Beberapa motor Honda juga sengaja didesain irit sehingga pengendara bisa jauh lebih hemat lagi dalam menggunakan motor untuk bepergian.

Berikut beberapa tips hemat yang bisa Anda terapkan pada motor kesayangan untuk kegunaan sehari-hari.

Pompa ban

Pastikan ban selalu ter-pompa dengan baik dan kondisi angin sesuai dengan kondisi ban. Selain dapat menghemat, selalu memastikan ban Anda dalam kondisi padat dan tidak kempis juga amat baik bagi keselamatan berkendara. Anda bisa memaksimalkan pengiritan dan menghemat bahan bakar jika kondisi ban berada di tekanan maksimum.

Muatan ringan

Hindari membawa muatan yang berlebihan. Sarat muatan juga menjadi musuh terbesar dalam proses efisiensi bahan bakar. Semakin banyak beban yang ada di motor, semakin keras juga mesin berusaha bekerja. Jika tidak terlalu penting, singkirkan aksesoris berlebih di motor seperti box, tas, dan aksesoris lainnya yang akan semakin membebani motor.

Stabil saat berkendara

Jangan menggeber motor berlebihan. Memang hal ini bisa terlihat keren, tapi jika tujuan utama Anda adalah untuk berhemat, berkendara-lah yang sewajarnya dengan menggunakan kecepatan standar yang sudah disesuaikan aturan hukum di Indonesia dan penggunaan standar motor yang Anda gunakan.

Servis motor berkala

Jangan anggap remeh kondisi motor Anda. Walaupun dari luar terlihat baik-baik saja, namun melakukan pengecekan dari dalam wajib hukumnya untuk menjaga keawetan si motor. Jika oli sudah kotor dan sirkulasi udara tidak bagus, tentu hal ini bisa menghalangi upaya Anda untuk berhemat karena dua aspek tersebut dapat membuat mesin bekerja terlalu keras dan membuat Anda gagal irit bensin

 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK