NEWS
DETAILS
Senin, 28 Jan 2019 12:29 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Aki adalah salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya. Selain menjadi kunci utama agar starter motor Anda dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti head lamp, lampu sign, dan lampu indikator lainnya.

Karena pentingnya fungsi aki ini, aki perlu dirawat agar tidah mudah soak (mati). Bayangkan saja apabila aki motor kawan-kawan soak, tentunya mungkin akan mengalami kesulitan dalam berkendara karena lampu pada motor Anda tidak berfungsi secara normal.

aki dibedakan menjadi 2 jenis yaitu aki basah dan aki kering, apa sih perbedaannya???

Aki Basah

Aki ini disebut aki basah karena di dalamnya memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4). Dan untuk aki jenis ini diperlukan perawatan secara berkala, karena cairan di dalam aki harus tetap terjaga pada batas diatas minimal agar aliran arusnya bisa maksimal dan membuatnya tidak mudah rusak.

Aki Kering

Aki ini mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang sulit menguap, bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang seperti pada aki basah. Oleh karena itu aki ini dikatakan maintenance free (bebas perawatan) dan tahan lama.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK